Skripsi
Keefektifan Metode Discovery dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010)
WIDIYARTANTO. NPM 1706500920. "Keefektifan Metode Discovery dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Dra. Eleonora D W, M. pd. M. Shaefur Rokhman, M. Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Keefektifan, metode discovery, alat peraga, hasil belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika dan efektivitas siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery lebih baik dibanding siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional materi pokok bangun ruang pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 236 yang terbagi dalam 6 kelas. Sedang kan sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yang berjumlah 79 siswa yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (kelas VIIIC) dan kelompok kontrol (kelas VIIIB). Kelompok eksperimen pembelajarannya menggunakan metode discovery dengan menggunakan alat peraga, kelompok kontrol menggunakan metode konvensional, dan kelas VIIIA sebagai kelas uji coba instumen sebelum penelitian.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain tes, dokumentasi, dan observasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data nilai tes prestasi belajar dengan instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar materi pokok bangun ruang. Intrumen telah diuji validitas dan reliabilitas nya pada taraf signifikan 5% dengan bentuk soal uraian dan jumlah soal 12 butir soal. Metode dokumentasi digunakan mempeoleh data jumlah siswa dan data nilai Ujian Tengah Semester matematika semester II. Sedangkan metode observasi digunakan untuk memperoleh data keefektifan siswa selama pembelajaran berlangsung dengan berupa lembaran pengamatan keefektifan siswa.
Analisis data menggunakan uji t. Dengan taraf signifikan 5% disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery dengan menggukan alat peraga lebih baik dibanding siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional pada materi pokok bangun ruang siswa kelas VIII semester II di SMP Negeri 3 Brebes. Dari hasil observasi jumlah skor keefektifan siswa yang diperoleh pada setiap pertemuan yang pembelajarannya menggunakan metode discovery lebih baik dibanding siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional.
PMTK081013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain