ttabel maka Ho ditolak dan hipotesis diterima. Jadi rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Sehingga Pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantuan LCD lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional. Disarankan guru dapat mengembangkan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantuan LCD dan menerapkan pada pokok bahasan lain." />
Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan LCD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Segi Empat (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Talang Tahun Pelajaran 2009/2010)
Etikah, Nur. 2010, "Efektivitas Model Pembelajaran Koopertatif Teams Games Tournament Berbantuan LCD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Segi Empat (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Talang Tahun Pelajaran 2009/2010)". Pendidikan Matematika. Dra. Eleonora D.W., M.Pd. M. Shaefur Rokhman M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Teams Games Tournament, LCD, Prestasi belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan LCD dalam pembelajaran matematika materi pokok segiempat kelas VII SMPN 3 Talang.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Talang tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara cluster random sampling diambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas VII F sebagai kelompok kontrol yang dikenai pembelajaran dengan metode konvensional dan siswa kelas VII E yang dikenai model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan LCD. Pada akhir pembelajaran, kedua kelompok sampel diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, eksperimen, dan tes.
Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok, diperoleh bahwa data kedua kelompok sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Dari hasil perhitungan dengan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel maka Ho ditolak dan hipotesis diterima. Jadi rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Sehingga Pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantuan LCD lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional. Disarankan guru dapat mengembangkan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantuan LCD dan menerapkan pada pokok bahasan lain.
PMTK081014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain