Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan Memanfaatkan Media LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 8 Tegal Tahun Pelajaran 2009
DWI ANJANI. 2010. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Dengan Memanfaatkan Media LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 8 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 untuk Materi Segiempat). Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M. Si. Drs. Ponoharjo, M. Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektifitas, CIRC, LKS, Hasil Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui penggunaan pembelajaran model kooperatif tipe CIRC dengan memanfaatkan media LKS lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi segiempat.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 8 Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 8 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Dari 80 sampel tersebut dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan memanfaatkan media LKS, sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode eksperimen dan metode tes. Tes berbentuk pilihan ganda terdiri dari 15 soal yang sudah memenuhi uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Sebelum dianalisis, data sudah terpenuhi dengan diuji normalitas dan homogenitas, kemudian dengan uji-t pihak kanan dianalisis datanya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model CIRC dengan memanfaatkan media LKS lebih efektif dari pada yang diajarkan dengan metode konvensional untuk materi segiempat pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 8 Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
PMTK081015 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain