Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Segi Empat pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 6 Tegal Tahun Ajaran 2009/2010
TITIK NURJANAH. 2010. "Efektifitas Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Segi Empat pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 6 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Matematika. Prof. Dr. Tri Jaka Kartana,M.Si. Isnani,M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektifitas, Course Review Horay, Alat Peraga, Hasil Belajar .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "apakah pembelajaran yang menggunakan model Course Review Horay dengan media alat peraga lebih efektif daripada model konvensional terhadap hasil belajar matematika ?".
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP Negeri 6 Tegal tahun ajaran 2009/ 2010 sebanyak 304 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VII A sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII B sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol.Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi sebesar 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Course Review Horay dengan media alat peraga lebih efektif daripada model konvensional karena hasil belajar matematika yang menggunakan model Course Review Horay dengan media alat peraga lebih baik daripada model konvensional pada pokok bahasan segi empat pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 6 Tegal tahun pelajaran 2009/ 2010.
PMTK081016 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain