ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari pernyataan ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan pendekatan Strategi Pembelajaran Concept Mapping lebih baik dibandingkan penggunaan Metode Konvensional (2) Ada pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Concept Mapping terhadap prestasi belajar matematika." />
Skripsi
Efektivitas Strategi Pembelajaran Concept Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Segitiga (Suatu Penelitian pada SMP Negeri 3 Pulosari- Pemalang)
NUR ISTIQOMAH. NPM. 1706500910. 2010. "Efektvfitas Strategi Pembelajaran Concept Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Segitiga (Suatu Penelitian pada SMP Negeri 3 Pulosari- Pemalang)". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultras Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Strategi Pembelajaran Concept Mapping, Prestasi Belajar Matematika, Segitiga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Strategi Pembelajaran Concept Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Segitiga. Strategi pembelajaran concept mapping sangat diperlukan dalam proses pembelajaran untuk mempermudah proses , agar dalam proses pembelajaran dapat lebih terarah dan terfokus pada arah dan tujuan pembelajaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pulosari- Pemalang semester 2 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dengan cara Cluster Random Sampling. Sampel penelitian berjumlag 94 siswa dari tiga kelas yaitu kelas VII A, VII B, dan kelas VII C
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes pilihan ganda. Sebelum instrument penelitian diberikan kepada siswa, terlebih dulu diberikan kepada kelas ujicoba, kemudian hasil tes tersebut diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Setelah itu soal yang sudah valid diujikan kepada kelas eksperimen dan kontol untuk kemudian dianalisa dengan menggunakan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji- t.
Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh nilai thitung= 3,04 dan pada taraf signifikan ?=5% diperoleh ttabel= 1,67 sehingga diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Dari pernyataan ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan pendekatan Strategi Pembelajaran Concept Mapping lebih baik dibandingkan penggunaan Metode Konvensional (2) Ada pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Concept Mapping terhadap prestasi belajar matematika.
PMTK081017 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain