Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Penalaran dan Komunikasi Matematika Peserta Didik SMP Negeri 02 Jatibarang Kabupaten Brebes pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Kubu
SAFRIHANI PRASETIA.2010, Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Penalaran dan Komunikasi Matematika Peserta Didik SMP Negeri 02 Jatibarang Kabupaten Brebes pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII Tahun Ajaran 2009 / 2010. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model Numbered Head Together, Penalaran, Komunikasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan penalaran matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model numbered head together dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Penelitian ini juga untuk mengetahui adanya pengaruh dari komunikasi matematika peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 02 Jatibarang tahun pelajaran 2001/2010 pada sub pokok bahasan luas pemukaan dan volume kubus dan balok.Berdasarkan pada landasan teori, rumusan hipotesis penelitian ini adalah "ada perbedaan peningkatan penalaran dan komunikasi matematika dengan model pembelajaran numbered head together dan model pembelajaran konvensional".
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 di SMP Negeri 02 Jatibarang Kabupaten Brebes dengan jumlah 322 peserta didik yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas sampel dengan jumlah 40 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang diambil adalah kelas VIII H sebagai kelas eksperimen (dengan model pembelajaran numbered head together) dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol (dengan model konvesional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penalaran dan dokumentasi. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrumen diteskan kepada 40 siswa satu populasi tetapi selain kelas yang dijadikan sampel penelitian ini. Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji One Way MANOVA serta uji lanjutan menggunakan uji pembanding linear ortogonal. Berdasarkan dari analisis, dengan ?hitung = 0,754978 < U_tabel=0,926967.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model numbered head together lebih baik dari penerapan model konvensional dalam meningkatkan penalaran dan komunikasi matematika pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 02 Jatibarang Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2009/2010.
PMTK081018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain