Skripsi
Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pemberian Soal Berjenjang dan Solusi Argumentatif Berbantuan LKS Scafollding (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pokok Segi Empat dan Segitiga di MTs Aswaja Bumijawa Kelas VII A
Widya Analisa, 2010, Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pemberian Soal Berjenjang dan Solusi Argumentatif Berbantuan LKS Scafollding. (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pokok Bahasan Segi empat dan Segita di MTs Aswaja Bumijawa Kelas VII A Semeter II Tahun Pelajaran 2009/2010). Program Setara 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Penelitian Tindak Kelas, Aktivitas, Prestasi belajar, Solusi argumentative, LKS Scafollding.
Beberapa hal yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran matematika di MTs Aswaja Bumijawa adalah prestasi belajar siswa rendah dan aktivitas siswa dalam belajar masih kurang. Berdasarkan pengalaman, ketuntasan belajar siswa (KKM) pada mata pelajaran matematika belum mencapai 60 %. Nilai matematika pada raport rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII A semester II pada materi pokok segi empat dan segita di MTs Aswaja Bumijawa. Kab. Tegal Tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 35 siswa melalui metode pembelajaran pemberian soal berjenjang dan solusi argumentatif berbantuan LKS seafollding.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua (2) siklus, masing - masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari 4 x pertemuan, dan siklus II 4 x pertemuan. Pada akhir siklus I siswa mengerjakan tes akhir siklus I dengan jumlah soal sebanyak 10, begitu juga pada akhir siklus II siswa mengerjakan tes akhir siklus dengan jumlah soal sebanyak 10.
Dari pelaksanaan siklus I diperoleh aktivitas guru sebesar 66,7% meningkat pada siklus II menjadi 83,4% aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,7% meningkat pada siklus II menjadi 91,7 %. Prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 57,1% dengan nilai rata - rata 63,4, pada siklus II meningkat menjadi 77,1% dengan nilai rata - rata 66,9. Dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan pemberian soal berjenjang dan solusi Argumentatif berbantuan LKS Scafollding dapat mengingkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII A MTs Aswaja Bumijawa.
PMTK081019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain