Skripsi
Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas II SD Negeri Brebes 03 Tahun Ajaran 2009/2010)
EUIS NOOR FAOZIAH, 2010 "Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas II SD Negeri Brebes 03 Tahun Pelajaran 2009/2010 )". Skripsi. Pendidikan Matematika. Dra.Eleonora.DW,M.Pd. Isnani,M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal 2010.
Kata Kunci : Pengaruh, PAUD, keaktifan, prestasi belajar matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara siswa yang menggunakan PAUD dengan siswa yang tidak menggunakan PAUD, ada tidaknya pengaruh PAUD terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika, serta untuk mengetahui pengaruh mana yang lebih baik antara yang menggunakan PAUD dengan yang tidak menggunakan PAUD.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Brebes 03 yang berjumlah 96 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil berjumlah 72 siswa, yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 36 siswa, dimana kelompok eksperimen adalah kelompok siswa yang menggunakan PAUD dan kelompok kontrol adalah kelompok siswa yang tidak menggunakan PAUD. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Observasi berbentuk rating scale yang terdiri atas 17 butir soal. Tes berbentuk pilihan ganda yang terdiri atas 30 soal. Sebelum instrumen tersebut diujikan, terlebih dahulu di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Setelah data terkumpul, lalu dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat antara lain uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Ragam Multivariate Satu Arah (One-way MANOVA) kemudian dilanjutkan dengan menggunakan T2-Hotelling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan siswa yang menggunakan PAUD dengan yang tidak menggunakan PAUD, terdapat pengaruh PAUD terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri Brebes 03 tahun pelajaran 2009/2010. Sedangkan siswa yang mengikuti PAUD pengaruhnya lebih baik dari siswa yang tidak pernah mengikuti PAUD.
PMTK081020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain