Skripsi
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Van Hiele Melalui Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun
SISTAJI. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Van Hiele Melalui Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. FKIP. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Eleonora DW, M.Pd. Pembimbing II: A. Nina Rosana C, M.Si.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Van Heile, Bangun Ruang Sisi Datar.
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar, minat belajar, aktivitas belajar alam memahami materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Talang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian dilakukan dengan mengambil subyek siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu sampling bertujuan. Kelas VIII C dipilih karena pada kelas tersebut memiliki rata-rata prestasi belajar matematika paling rendah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar kelas tersebut. Jumlah siswa kelas VIII C sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi teknik tes, teknik angket, teknik observasi atau pengamatan. Analisis data untuk penelitian ini dilakukan dengan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes antar siklus maupun dengan indikator kinerja. Metode pembelajaran Van Hiele dilakukan dalam lima fase, yaitu fase informasi, fase orientasi langsung, fase penjelasan, fase orientasi bebas, dan fase integrasi. Siklus penelitian dibuat dalam tiga siklus.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) Penggunaan model Van Hiele dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang ditunjukkan kenaikan 57,5 % ketercapaian KKM pada siklus
akhir dibandingkan ketercapaian KKM pra siklus, (2) Penggunaan model Van Hiele dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang ditunjukkan peningkatan 35,5 % pada minat siklus akhir dibandingkan minat siklus pertama, dan (3) Penggunaan model Van Hiele dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Talang yang ditunjukkan peningkatan 40 % pada aktivitas belajar siklus akhir dibandingkan siklus pertama.
PMTK081021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain