Skripsi
Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Statu Penelitian Tindakan Kelas di SMP Pius Tegal Kelas VII A Pada Pokok Bahasan Segi Tiga dan Segi Empat Tahun Pelajaran 2009/2010)
SURADI. 2010. NPM : 1708501375. "Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SMP Pius Tegal Kelas VII A Pada Pokok Bahasan Segi Tiga dan Segi Empat Tahun Pelajaran 2009/2010)".
Kata kunci : Penerapan Group Investigation, Pembelajaran Matematika Segi Tiga dan Segi Empat
Penelitian ini mengetengahkan pokok masalah "Apakah penerapa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika untuk pokok bahasan segitiga dan segi empat pada siswa kelas VII A semester II SMP Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010".
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas eksperimental terhadap 31 siswa kelas VII A SMP Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi terstruktur dengan menggunakan lembar observasi.
Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil belajar matematika siswa baik antar siklus maupun dengan indikator kinerja.
Penerapan model pembelajaran Group Investigation efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi segitiga dan segi empat terhadap 31 siswa kelas VII A semester 2 SMP Pius Tegal tahun pelajaran 2009/2010 dimana tingkat pencapaian KKM dari pra siklus yang hanya 77,4%. Pada siklus I meningkat menjadi 83,87%, dan pada siklus II berhasil mencapai indikator kinerja sebesar 93,54%.
Apabila dalam pembelajaran matematika ditemukan indikasi kurangnya motivasi belajar siswa, kurang minat belajar siswa terhadap materi pelajaran, kurang interaksi belajar antara siswa yang satu dengan yang lain serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru, maka hendaknya dilakukan tindakan kelas. Penerapan model pembelajaran Group Investigation terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dalam pembelajaran Group Investigation ditemukan adanya kelemahan, yaitu siswa yang termasuk pintar cenderung merasa bosan, ia merasa pembelajaran menjadi lebih lama, maka disarankan agar guru memberikan motivasi secara lebih intensif kepada siswa yang pintar terutama dalam berpartisipasi pada kegiatan kelompok, misalnya dengan menjadikan siswa yang pintar sebagai ketua kelompok.
PMTK081022 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain