Skripsi
Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Flash Makromedia terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Segitiga pada Siswa kelas VII Semester II MTs Al Amiriyah Kambangan Lebaksiu tahun Pelajaran 2009/2010
ADY PRAYTINO. 2010. NPM: 1706500871. "Evektifitas penerapan media pembelajaran Flash Makromedia terhadap minat dan prestasi belajar matematika (suatu penelitian yang di lakukan pada siswa kelas VII semester II MTs Teladan Al Amiriyah Lebaksiu Tahun Pelajaran 2009/2010 untuk pokok bahasan segitiga)". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Flash Makromedia, Minat, Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui adanya perbedaan pembelajaran menggunakan flash makromedia dan pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa, serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran flash makromedia jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester II MTs Teladan Al Amiriyah Kambangan Lebaksiu Tahun Pelajaran 2009 /2010 sebanyak 90 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data terlebih dahulu digunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah (MANOVA ONE - WAY), untuk mengetahui perbedaan dari pembelajaran menggunakan pembelajaran flash makromedia dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, serta uji lanjutan (T2-HOTELING), untuk mengetahui keefektifan dari pembelajaran flash makromedia dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pembelajaran menggunakan Flash Makromedia dan pembelajaran konvensioal terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan segitiga pada siswa kelas VII Semester II MTs Teladan Al Amiriyah Kambangan Lebaksiu Tahun Pelajaran 2009/2010, serta penggunaan media pembelajaran flash makromedia lebih efektif dari pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan segitiga pada siswa kelas VII Semester II MTs Teladan Al Amiriyah Kambangan Lebaksiu tahun Pelajaran 2009/2010.
PMTK081023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain