Skripsi
Keefektifan Perpaduan Alat Peraga dan CD Interaktif dalam Pembelajaran Bangun Ruang terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
HADI PANGESTU. 2010. Keefektifan Perpaduan Alat Peraga dan CD Interaktif dalam Pembelajaran Bangun Ruang terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. M.Shaefur Rokhman, M.Si. Dra. Noening, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Perpaduan Alat Peraga dan CD Interaktif, Motivasi, Hasil Belajar
Pembelajaran matematika dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek itu, diciptakanlah model-model pembelajaran diantaranya adalah dengan menggunakan alat peraga dan CD Interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi motivasi dan hasil belajar matematika materi bangun ruang kubus dan balok antar siswa yang diajar dengan menggunakan perpaduan alat peraga dan CD Interaktif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan perpaduan alat peraga dan CD Interaktif.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semesater 2 SLTP Negeri 19 Tegal, Tahun ajaran 2009/2010. Dengan jumlah populasi 199 siswa. Dari 199 siswa tersebut diambil sampel secara random sampling sebanyak 80 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. tiap kelompok terdiri dari 40 siswa. Kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan angket motivasi belajar matematika yang dilakukan pada sampel penelitian. analisis data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t dengan derajat kebebasan 78 pada taraf signifikansi 5% harga ttabel 1,67. Berdasarkan dari analisis thitung 2,43 untuk motivasi. Ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian diterima. thitung lebih besar dari ttabel dan thitung 4,66 untuk hasil tes. Ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian diterima. thitung lebih besar dari ttabel.
Demikian dapat disimpulkan bahwa siswa SLTP Negeri 19 Tegal yang diajar menggunakan perpaduan alat peraga dan CD Interaktif akan memperoleh motivasi dan hasil belajar matematika materi bangun ruang kubus dan balok lebih baik dari pada siswa yang diajar tanpa menggunakan perpaduan alat peraga dan CD Interaktif.
PMTK081024 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain