Skripsi
Pengaruh Tingkat Kecerdasan dan Kebiasaan Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa Semester 1 Kelas X SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 Pokok Bahasan Fungsi Kuadrat)
Bakti, Darma 2010, "Pengaruh Tingkat Kecerdasan dan Kebiasaan Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester I SMA Al Irsyad Kota Tegal Pokok Bahasan Fungsi Kuadrat Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi. FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Selaku Pembimbing I adalah M. Shaefur Rokhman, M.Si dan Pembimbing II adalah Drs. Paridjo, M.Pd
Kata kunci : Tingkat kecerdasan, kebiasaan belajar matematika.
Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua siswa untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta berkemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar siswa dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif. Semua hal tersebut tidak bisa lepas dari tingkat penalaran siswa yang timbul dari faktor kecerdasan dan juga sikap membiasakan diri untuk selalu mempelajari matematika.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari tingkat kecerdasan terhadap prestasi belajar matematika (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat kecerdasan dan kebiasaan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas X SMA Al Irsyad Kota Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas sebanyak 200 siswa. Pengambilan sampel penelitian dengan melakukan undian, dari hasil undian keluar nama kelas yang akan dijadikan sampel yaitu kelas X.1 dengan jumlah 40 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari tingkat kecerdasan terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,11, kemudian kebiasaan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,21, serta terdapat pengaruh secara bersama-sama dari tingkat kecerdasan dan kebiasaan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,36
PMTK081026 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain