Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) di tinjau dari motivasi siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada materi pokok pecahan kelas V SD Negeri Limbangan 03 Kersana Brebes Tahun Ajaran 2009/2010
SOLICHUN. 2010. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (TGT) di tinjau dari motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok pecahan kelas V SDN Limbangan 03 Kecamatan Kersana Tahun pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora DW, M.Pd, Pembimbing II: M. Shaefur Rokhman, M.Si.
Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Team-Game-Tournament (TGT), Kelas V SD Negeri Limbangan 03.
Metode Pembelajaran yang baik sangatlah penting karena kemampuan seluruh siswa itu berbeda-beda, ada yang cepat dalam memahami pelajaran, ada yang lambat, bahkan ada yang tidak nyambung dalam pelajaran tersebut. Menurut laporan Third International Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 1999 yang merupakan kriteria acuan, rendahnya daya saing murid Indonesia di ajang internasional menunjukan betapa lemahnya kemampuan penguasaan matematika di Indonesia. Pembelajaran matematika dengan pendekatan TGT sejalan dengan teori kontruktivisme, yang dikembangkan Freudenthal menyatakan bahwa pengetahuan matematika dikreasi, bukan ditemukan sebagai sesuatu yang sudah jadi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team-Game-Tournament (TGT) lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi terhadap prestasi siswa di kelas eksperimen.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Limbangan 03. Dipilih tiga kelas secara cluster sampling, yaitu kelas V A, dan sebagian kelas V B sebagai kelas kontrol dan V C, dan sebagian kelas V B sebagai kelas eksperimen. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes yang memuat indikator Efektivitas pembelajaran kooperatif TGT.
Simpulan yang diperoleh peneliti berdasarkan hasil perhitungan statistik uji Anava 2 arah, dengan = 5 % dan dk = 96 dari daftar distribusi F didapat ttab = 3,92 dan dari hasil perhitungan didapat thit ( 6,55 ). Karena thit lebih besar dari ttab maka H0 ditolak, artinya prestasi belajar matematika dengan pendekatan TGT lebih Baik daripada prestasi belajar matematika dengan metode konvensional Pencapaian indikator efektivitas pembelajaran TGT kelas eksperimen sebesar 80,5%.
PMTK081027 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain