Skripsi
Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Turunan Fungsi (Suatu Penelitian di Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2008/2009)
M. YUSUP RIFAI. NPM : 1704500718. 2009. "Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Turunan Fungsi" (Suatu Penelitian Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Bantarbolang Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi jenjang S 1 Program Studi Pendidikan matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Advance Organizer dengan Peta Konsep, Prestasi
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena banyaknya asumsi bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang membosankan, tidak menarik, dirasakan sukar, dan menakutkan. Salah satu faktor kurang berhasilnya proses belajar mengajar adalah kurang tepatnya guru memilih dan menggunakan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep dengan Model Konvensional dan apakah siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep lebih baik dibandingkan dengan Model Konvensional.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Bantarbolang Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI semester II yang terbagi dalam 5 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara Claster Random Sampling. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan Statistik Uji-t dua pihak dan uji-t pihak kanan.
Sebelum dilakukan penelitian sebelumnya dilakukan uji kesetaraan untuk mengetahui apakah kedua kelas berasal dari titik tolak yang sama atau tidak. Dengan Uji Kesetaraan diperoleh hasil bahwa kedua kelas berasal dari titik tolak yang sama.
Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep dengan siswa yang diajar dengan model Konvensional dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Konvensional.
PMTK081028 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain