Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari Tingkat Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di SMP Negeri 2 Warureja Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal kel
KHOFIYAH, 2010. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari Tingkat Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di SMP Negeri 2 Warureja Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal kelas VIII Semester 2 Tahun ajaran 2009 / 2010. Skripsi. Pendidikan Matematika. Isnani M.Si. Drs. Lagiyono, M.Pd.MT. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Think Pair Share, motivasi, prestasi belajar, matematika.
Penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang ditinjau dari tingkat motivasi efektif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Warureja tahun ajaran 2009 / 2010 pada pokok bahasan kubus dan balok.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Warureja. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Yakni dengan memilih satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika sebagai akibat dari pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Pengambilan data dengan dokumentasi, angket dan metode tes, dan pengolahan data menggunakan uji anava rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh serta uji t pihak kanan.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS memperoleh prestasi yang lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Siswa yang mempunyai motivasi tinggi akan memperoleh prestasi yang lebih tinggi dari pada siswa yang mempunyai motivasi rendah. Dengan demikian tingkat motivasi dan model pembelajaran dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
PMTK081029 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain