Skripsi
Studi Komparasi Prestasi Belajar Matematika antara Pembelajaran Menggunakan Kartu Akselerasi dengan Lembar Kerja Siswa (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas III Semester II Pokok Bahasan Pecahan di SD Islam Ihsaniyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010)
Rizqiyah, Fatkhatur 2010 . " Studi Komparasi Prestasi Belajar Matematika antara Pembelajaran Menggunakan Kartu Akselerasi dengan Lembar Kerja Siswa (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas III Semester II Pokok Bahasan Pecahan di SD Islam Ihsaniyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010) ". Skripsi . Pendidikan Matematika . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kartu Akselerasi , Prestasi, LKS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan Kartu Akselerasi lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS).
Berdasarkan pada landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis yang hendak diuji pada penelitian ini adalah : prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan kartu akselerasi tidak lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang diajar dengan LKS.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III semester 2 SD Islam Ihsaniyah Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 74 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Kelas yang diambil adalah kelas III A sebagai kelas eksperimen (dengan menggunakan kartu akselerasi) dan kelas III B sebagai kelas kontrol (dengan menggunakan LKS).
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes prestasi belajar berupa tes uraian yang dilakukan pada sampel. Analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Dari hasil analisis dengan taraf signifikan 5% , diperoleh prestasi belajar matematika kelas yang pembelajarannya menggunakan kartu akselerasi lebih baik daripada kelas yang pembelajarannya menggunakan LKS pada pokok bahasan pecahan pada siswa kelas III semester II SD Islam Ihsaniyah Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan bagi guru SD Islam Ihsaniyah Kota Tegal dalam mengambil kebijakan dalam merencanakan pembelajaran matematika. Selain itu guru diharapkan mampu mambuat media pembelajaran dengan memanfaatkan segala potensi dan kreativitas yang dimiliki agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan.
PMTK081031 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain