Skripsi
Keefektifan Pendekatan Pembelajaran RME terhadap Prestasi Belajar Dilihat dari Minat Siswa Kelas VIII SMP PGRI 8 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
RUDY ARSETO. 2010, "Keefektifan Pendekatan Pembelajaran RME terhadap Prestasi Belajar Dilihat dari Minat Siswa Kelas VIII SMP PGRI 8 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010"
Kata Kunci : Pendekatan RME , Minat, Prestasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan RME dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini juga untuk mengetahui adanya pengaruh dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajarnya pada kelas VIII semester II SMP PGRI 8 Taman.
Berdasarkan pada landasan teori, rumusan hipotesis penelitian ini adalah "ada perbedaan prestasi belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran RME dan pendekatan pembelajaran konvensional."
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 di SMP PGRI 8 Taman Kabupaten Pemalang dengan jumlah 120 siswa yang terbagi dalam 3 kelas.
Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas sampel dengan jumlah 40 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (dengan pendekatan pembelajaran RME) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (dengan pendekatan konvensional).
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat dan tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 40 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sample penelitian ini.
Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokkan berdasarkan tingkat minat belajarnya yaitu dalam kelompok minat tinggi dan minat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan RME dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajarnya.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan RME lebih tinggi dari kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajarnya pada siswa kelas VIII semester II SMP PGRI 8 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010.
PMTK081032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain