Skripsi
Pengaruh Nilai Ujian Nasional Matematika SMP, Motivasi Belajar, dan Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Logika Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010)
HIDAYATI, MARLINA NUR. 2010. Pengaruh Nilai Ujian Nasional Matematika SMP, Motivasi Belajar, dan Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Logika Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Pendidikan Matematika. Prof. Dr. Tri Jaka Kartana, M.Si. Isnani, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : UN, Motivasi, Tugas, Prestasi
Nilai ujian nasional matematika SMP, motivasi belajar, dan pemberian tugas merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1)nilai ujian nasional matematika SMP, (2)motivasi belajar, (3)pemberian tugas, (4)nilai ujian nasional matematika SMP dan motivasi belajar, (5)nilai ujian nasional matematika SMP dan pemberian tugas, (6)motivasi belajar dan pemberian tugas, dan (7)nilai ujian nasional matematika SMP, motivasi belajar, dan pemberian tugas, masing-masing terhadap prestasi belajar matematika materi pokok logika matematika pada siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 344 siswa yang terbagi dalam 9 kleas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 127 siswa yaitu diambil dari kelas X1, X3, dan X4. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier ganda. Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Barlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang cukup signifikan: (1)nilai ujian nasional matematika SMP, (2)motivasi belajar, (3)pemberian tugas, (4)nilai ujian nasional matematika SMP dan motivasi belajar, (5)nilai ujian nasional matematika SMP dan pemberian tugas, (6)motivasi belajar dan pemberian tugas, dan (7)nilai ujian nasional matematika SMP, motivasi belajar, dan pemberian tugas, masing-masing terhadap prestasi belajar matematika materi pokok logika matematika pada siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
PMTK081033 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain