Skripsi
Pengaruh Tingkat Kefavoritan Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah Pangkah Tahun Pelajaran 2009 / 2010
APRIASIH. 2010. " Pengaruh Tingkat Kefavoritan Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah Pangkah Tahun Pelajaran 2009 / 2010 ". Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M.Si. Drs. Ponoharjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Guru favorit, Prestasi belajar matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kefavoritan guru dan prestasi belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah Pangkah Tahun Ajaran 2009 / 2010 serta untuk menguji ada tidaknya pengaruh tingkat kefavoritan guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah Pangkah Tahun Ajaran 2009 / 2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Muhammadiyah Pangkah Tahun Ajaran 2009 / 2010 yang berjumlah 162 siswa. Sampel penelitian berjumlah 49 siswa yang diambil dengan tehnik cluster random sampling dengan memberikan angket tertutup sebanyak 30 item berbentuk angket berstruktur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode angket.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kefavoritan guru pada siswa SMP Muhammadiyah Pangkah Tahun Pelajaran 2009 / 2010 cukup tinggi. Prestasi belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah Pangkah Tahun Ajaran 2009 / 2010 tergolong rendah. Setelah diuji kelinearannya ternyata persamaan regresi yang dihasilkan linear, sehingga persamaan di atas berlaku. Setelah diuji keberartiannya, ternyata koefisien regresi tidak berarti.
Besarnya pengaruh antara guru favorit terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah Pangkah sebesar 5,62%. Dari hasil penelitian, ada pengaruh positif antara guru favorit terhadap prestasi belajar matematika.
PMTK081034 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain