Skripsi
Keefektifan program bimbingan belajar terhadap prestasi belajar matematika di tinjau dari kemampuan awal pada siswa kelas VIII semester II SMP IHSANIYAH kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
SARIPVUDIN. 2010, "Keefektifan program bimbingan belajar terhadap prestasi belajar matematika di tinjau dari kemampuan awal pada siswa kelas VIII semester II SMP Ihsaniyah kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi Pendidikan Matematika. Pembimbing I : Dr. KRT Purwo Susongko, M.Pd. Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Program bimbingan belajar, Kemampuan awal, Prestasi
Penelitian ini bertujuan untuk :(1) ) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II di SMP Ihsaniyah kota tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang diajar dengan pendekatan pembelajaran bimbingan belajar dan pendekatan pembelajaran konvensional, (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II di SMP Ihsaniyah kota tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang ditinjau dari kemampuan awal.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 di SMP Ihsaniyah Kota Tegal dengan jumlah 160 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian diambil secara random dengan kelas sebagai unit samplingnya. Diambil 2 kelas secara random dari 4 kelas yang ada, dimana masing - masing kelas ada 40 siswa. Kelas yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (dengan pendekatan pembelajaran bimbingan belajar) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (dengan pendekatan konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 40 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini. Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan awal belajarnya yaitu dalam kelompok Kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II di SMP Ihsaniyah kota tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang diajar dengan pendekatan pembelajaran bimbingan belajar dan pendekatan pembelajaran konvensional, (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II di SMP Ihsaniyah kota tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang ditinjau dari kemampuan awal
PMTK081035 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain