Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media LKS Terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II MTs.NU Wahid Hasyim Talang Kabupate
SUCIATI, ARNING. 2010. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Media LKS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dalam Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II MTs. NU Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si. Drs. Paridjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Lembar Kerja Siswa (LKS), Prestasi Belajar Matematika
Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam penggunaan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media LKS dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan media LKS pada materi pokok bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII semester II MTs. NU Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II MTs. NU Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 258 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 72 siswa yaitu diperoleh dari kelas VIII A sebagai kelas control dan VIII B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Barlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media LKS lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII semester II MTs. NU Wahid Hasyim Talang pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.
PMTK081039 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain