Skripsi
Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Secara Sistematis untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII (suatu penelitian Tindakan Kelas Pada MTs. Riyadlotul 'Uqul Wijahan - Cenang - Songgom Tahun Pelajaran 2009/2010)
NUR APRIYANI, 2010 .. "Penggunaan Metode Pemecahan Masalah secara sistematis untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada MTs. Riyadlotul 'Uqul Wijahan - Cenang - Songgom Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi : Program Studi Pendidikan Matematika. M. Shaefur Rohman, M.Si. Dra. Noening Andrijati, M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Pemecahan Masalah, Hasil Belajar, Matematika.
Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari data hasil belajar matematika siswa Kelas VIII pada semester genap tahun pelajaran 2008/2009, dimana nilai rata-rata kelas yang diperoleh untuk mata pelajaran matematika hanya 65 kurang dari 60,00 dengan persentase tuntas klasikal hanya 69,23% (18 siswa tuntas dan 9 siswa tidak tuntas). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah secara sistematis yang berakibat pada meningkatnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Riyadlotul 'Uqul Wijahan - Cenang Kecamatan Songgom tahun pelajaran 2009/2010.
Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs. Riyadlotul 'Uqul Wijahan - Cenang tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 37 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 5 dan 3 pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila secara individu siswa mampu memperoleh nilai ?60,00 dan secara tuntas klasikal sekurang-kurangnya 70% siswa berhasil memperoleh nilai ?60,00. Dengan ketidakhadiran siswa maksimal 10%, keberanian siswa dalam mengajukan/menjawab pertanyaan guru lebih dari 50%, keterlibatan siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan metode pemecahan masalah secara sistematis lebih dari 75%, dan Skor performansi yang harus dicapai oleh guru dalam kegiatan pembelajaran minimal 24 poin.
Hasil pada siklus I, siswa yang tuntas belajar ada 67,57% dengan rata-rata kelas 66,62, aktivitas belajar siswa sebesar 47,30%, dan skor performansi guru 16 poin. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar ada 89,19% dengan rata-rata kelas 68,95, aktivitas belajar siswa sebesar 60,36%, skor performansi guru 24 poin. Karena indikator keberhasilan yang diharapkan telah tercapai, maka proses penelitian dihentikan pada siklus kedua. Simpulan yang dapat diambil yakni bahwa dengan menggunakan metode Pemecahan Masalah Secara Sistematis dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Riyadlotul 'Uqul Wijahan - Cenang Kecamatan Songgom tahun Pelajaran 2009/2010.
PMTK081043 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain