Skripsi
Keefektifan Penerapan RME (Realistic Mathematic Education) dan Penggunaan Buku ajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Negeri Kota Tegal Tahun Ajaran 2009/2010
NURHAYATUN, NOVI. 2010. Keefektifan Penerapan RME (Realistic Mathematic Education) dan Penggunaan Buku ajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Negeri Kota Tegal Tahun Ajaran 2009/2010.Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Pendekatan RME, Buku Ajar, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan RME dan Buku ajar efektif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII semester II MTs Negeri Kota Tegal tahun ajaran 2009/2010 pada materi pokok bangun ruang sisi datar.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Tegal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni dengan memilih dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika sebagai akibat dari pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan pendekatan RME. Pengambilan data dengan dokumentasi, angket, dan metode tes. Dan pengolahan data menggunakan anava 2 dua arah dengan interaksi desain faktorial 2x2 serta uji penentu menggunakan uji benferoni.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa yang mendapat pembelajaran dengan RME memperoleh prestasi yang lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, siswa yang dibantu buku ajar akan memperoleh prestasi yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak dibantu buku ajar, sehingga ada pengaruh penggunaan buku ajar dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan RME dan Buku ajar mempunyai prestasi lebih tinggi dibandingkan dengan tipe interaksi pembelajaran lainnya pada penelitian ini.
PMTK081044 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain