Skripsi
Pengaruh Kemampuan Penalaran, Minat, dan Intensitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Lingkaran (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010)
WIBAWANTI, NURUL HAJAR. 2010. Pengaruh Kemampuan Penalaran, Minat, dan Intensitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Lingkaran (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penalaran, Minat, Intensitas, Prestasi
Kemampuan penalaran ,minat, dan intensitas belajar merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran, minat, dan intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika materi pokok lingkaran pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 180 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 90 siswa yaitu diperoleh dari kelas VIII A dan VIII C. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan penalaran, minat, dan intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika materi pokok lingkaran pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
PMTK081045 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain