Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle "5E" Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Penalaran Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar ( Suatu Penelitian pada Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 14 Tegal Tahun Ajaran 2009/2010 )
NURJANAH, 2010. "Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle "5E" Terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Penalaran Siswa Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 14 Tegal Tahun pelajaran 2009/2010)". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. A. Nina Rossana C, M.Si. Dra. Elenora D.W, M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Learning Cycle "5E", minat belajar, dan kemampuan penalaran .
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pengunaan model pembelajaran Learning Cycle "5E" dengan pembelajaran konvesioanal terhadap minat belajar dan kemampuan penalaran pada materi pokok bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 14 Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N. 14 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 318 siswa, terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII.A sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Sebelum instrumen digunakan , terlebih dahulu instrumen diujicobakan pada kelas VIII.E sebanyak 39 siswa. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data nama siswa dan nilai UTS pada kelas VIII. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan penalaran dan angket minat belajar yang diberikan pada sampel penelitian. Instrumen terdiri dari 10 soal tes kemamapuan penalaran dan 25 angket minat belajar yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data diawali dengan uji Liliefors dan uji Fisher. Hasilnya disimpulkan bahwa data terbukti normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan analisis multivariate satu arah.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa Penerapan pembelajaran Learning Cycle"5E" efektif terhadap minat belajar dan kemampuan penalaran siswa pada materi pokok bangun ruang sisi datar dibandingkan dengan penbelajaran konvensional. Pembelajaran Learning Cycle "5E" dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran agar pembelajaran dapat lebih terarah dan terfokus pada tujuan pembelajaran.
PMTK081046 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain