Skripsi
Studi komparasi model pembelajaran langsung dan model pembelajaran pemecahan masalah terhadap prestasi belajar Matemetika (suatu penelitian pada siswa kelas IX semester 1 pada materi pokok Geometri di MTs NU 03 Suradadi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2
NURAKHMAN. 2010. " Studi komparasi model pembelajaran langsung dan model pembelajaran pemecahan masalah Terhadap Prestasi Belajar Matematika. (suatu penelitian pada siswa kelas IX semester 1 Materi pokok Geometri di MTs NU 03 Suradadi kabupaten Tegal)". Skripsi. FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : model pembelajaran langsung, model pembelajaran pemecahan masalah, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran pemecahan masalah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode dokumentasi dan metode tes. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru dalam menentukan pemilihan model pembelajaran yang tepat khususnya mata pelajaran Matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX semester 1 MTs NU 03 Suradadi kabupaten Tegal. Populasi terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 72 siswa yang masing-masing kelas terdiri 24 siswa. Dengan teknik Cluster random sampling terpilih kelas IX A sebagai kelompok eksperimen, kelas IX B sebagai kelompok control dan kelas IX C sebagai kelas uji coba instrument penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis uji - t.
Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran pemecahan masalah pada materi pokok Geometri pada siswa kelas IX semester 1 di MTs NU 03 Suradadi kabupaten Tegal Tahun Pembelajaran 2009 / 2010. nilai rata-rata kelas kelompok eksperimen 70,3333 dan nilai rata-rata kelas kelompok control 58,9167. Ini menunjukan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung.
Saran yang perlu disampaikan melalui penelitian ini adalah hendaknya guru mengenalkan model pembelajaran pemecahan masalah untuk menghindari kebosanan yang dialami siswa dalam belajar serta memberi kebebasan dalam memilih gaya belajar yang tepat.
PMTK081047 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain