Skripsi
Pengaruh Nilai Matematika Ujian Nasional SMP / MTs terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X se - Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010
Munanto.2010. NPM : 1703500613.2010.Pengaruh Nilai Matematika Ujian Nasional SMP / MTs terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X se - Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010 . Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : A. Nina Rosana C , M.Si. Pembimbing II : Drs. Ponoharjo, M.Pd
Kata Kunci :Nilai Matematika,Ujian Nasional , Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Nilai Matematika Ujian Nasional SMP terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas X SMA Negeri se- Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dan jika berpengaruh maka seberapa besar pengaruhnya?
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 1063 siswa. Jumlah sampel keseluruhan diambil dengan menggunakan tabel Krejcie dan Morgan sebanyak 285 siswa. Sedangkan jumlah sampel masing masing sekolah ditentukan dengan Tekhnik Sampling Proporsional atau Proportional Sampling.
Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah nilai UN SMP / MTs mata pelajaran Matematika dan variabel terikatnya adalah nilai raport mata pelajaran Matematika kelas X SMA Negeri se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk mendapatkan data tentang daftar nama siswa, asal SMP / Mts, daftar nilai UN matematika saat SMP/ MTs, kelas di SMA Negeri,daftar nilai raport matematika siswa SMA Negeri se-Kota Tegal kelas X yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesa adalah r product moment.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1). Meski tidak signifikan,terdapat pengaruh antara nilai Matematika Ujian Nasional SMP/Mts terhadap hasil prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri.(2). Besarnya pengaruh antara nilai Matematika Ujian Nasional SMP/MTs terhadap hasil prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri sangat rendah atau hanya sebesar 8,3 % saja.
Dari hasil penelitian ini, peneliti mengharapkan kepada pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Nasional dan Dewan Pendidikan agar (1)Penggunaan Nilai Ujian Nasional sebagai satu-satunya syarat untuk menentukan kelulusan siswa dan untuk seleksi Penerimaan Siswa Baru sebaiknya ditinjau kembali karena evaluasi dan hasil prestasi belajar siswa meliputi beberapa aspek secara komprehensif. (2) Perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk pertimbangan lain penentuan kelulusan dan seleksi penerimaan siswa baru selain berdasarkan nilai UN.
PMTK081049 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain