Skripsi
Studi Komparatif Tingkat Reliabilitas Tes Prestasi Hasil Belajar Matematika pada Tes Bentuk Uraian dengan Model Penskoran GPCM (Generalized Partial Credit Model) dan Penskoran GRM (Graded Response Model)
NINGSIH, LITA DESTRI. 2010. Studi Komparatif Tingkat Reliabilitas Tes Prestasi Hasil Belajar Matematika pada Tes Bentuk Uraian dengan Model Penskoran GPCM (Generalized Partial Credit Model) dan Penskoran GRM (Graded Response Model). Skripsi. Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Komparatif, Reliabilitas, GPCM (Generalized Partial Credit Model) dan GRM (Graded Response Model).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat reliabilitas tes hasil belajar matematika pada tes bentuk uraian dengan model penskoran GPCM dan penskoran GRM.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Margasari semester 2 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 145 siswa dan semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Bojong semester 2 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 214 siswa. Jadi jumlah seluruh populasi ada 359 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan populasi keseluruhan dengan pertimbangan untuk mengurangi kesalahan generalisasi. Untuk mengetahui perbedaan tingkat reliabilitas prestasi hasil belajar matematika rumus yang digunakan dalam penelitian ini adalah Koefisien Alpha (?), Formula Rulon dan Formula Spearman-Brown.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Tingkat kesukaran tes prestasi hasil belajar matematika pada tes bentuk uraian dengan model penskoran GRM lebih sukar dari pada tingkat kesukaran tes dengan model penskoran GPCM, (2) Indeks daya beda instrumen tes prestasi hasil belajar matematika pada tes bentuk uraian dengan model penskoran GPCM dan penskoran GRM cenderung sama, (3) Estimasi validitas tes prestasi hasil belajar matematika pada tes bentuk uraian dengan model penskoran GPCM dan penskoran GRM cenderung sama, (4) Ada kecenderungan estimasi reliabilitas tes prestasi hasil belajar matematika pada tes bentuk uraian dengan model penskoran GPCM lebih tinggi dari pada model penskoran GRM dengan menggunakan penghitungan Koefisien Alpha, (5) Ada kecenderungan estimasi reliabilitas tes prestasi hasil belajar matematika pada tes bentuk uraian dengan model penskoran GRM lebih tinggi dari pada model penskoran GPCM dengan menggunakan penghitungan Formula Rulon, (6) Ada kecenderungan estimasi reliabilitas tes prestasi hasil belajar matematika pada tes bentuk uraian dengan model penskoran GRM lebih tinggi dari pada model penskoran GPCM dengan menggunakan penghitungan Formula Spearman-Brown.
PMTK081050 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain