Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Pada Pokok Bahasan Segiempat (Studi Penelitian pada SMP Negeri 8 Tegal Kelas VII Semester II Tahun Ajaran 2009/2010)
RAHMAWATI AULIA. 2010. Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Berprestasi Pada Pokok Bahasan Segiempat (Studi Penelitian Pada SMP Negeri 8 Tegal Kelas VII Semester II Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi. Pendidikan Matematika. A. Nina Rosana C, M.Si. Drs. Paridjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Reciprocal teaching, hasil belajar, motivasi berprestasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar matematika dan motivasi berprestasi antara siswa kelas VII semester II SMP Negeri 8 Tegal tahun ajaran 2009/2010 yang diberi model pembelajaran reciprocal teaching dan siswa yang diberi metode ceramah dan drill pada pokok bahasan segiempat.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 203 siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 80 siswa sebagai sampel dengan teknik sampel kelompok. Sampel terbagi dalam dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 40 siswa. Kelompok I adalah kelompok eksperimen yang diberi pengajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelompok II adalah kelompok kontrol yang diberi pengajaran matematika dengan metode ceramah dan drill. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data nama siswa dan nilai Ulangan Tengah Semester siswa pada semester II kelas VII. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar dan angket motivasi berprestasi yang diberikan pada sampel penelitian.
Sebelum penelitian, kemampuan awal kelas sampel dan kelas ujicoba instrumen diuji kesetaraannya menggunakan nilai ulangan tengah semester. Hasil uji kesetaraan dengan analisis varian menyatakan kemampuan awal kelas sampel dan kelas ujicoba setara. Hasil uji Lilifors dan uji Bartlett pada data hasil belajar dan motivasi berprestasi menyatakan bahwa data normal dan homogen. Sedangkan hasil analisis multivariate satu arah menunjukkan bahwa dengan taraf signifikasi , ada pengaruh pembelajaran matematika yang menggunakan model reciprocal teaching dengan metode ceramah dan drill terhadap hasil belajar dan motivasi berprestasi pada pokok bahasan segiempat siswa SMP Negeri 8 Tegal kelas VII semester II tahun ajaran 2009/2010. Diharapkan apa yang telah peneliti uraikan dalam skripsi ini dapat memberikan masukkan terutama bagi guru sebagai model pembelajaran yang lebih variatif kepada siswanya agar lebih termotivasi dalam berprestasi terutama dalam pelajaran matematika.
PMTK081051 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain