Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 4 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2009
Esi Sefniawati, 2010 " Efektifitas model pembelajaran Missouri Mathemetics Project (MMP) terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan siswa SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2009/ 2010". Drs. Ponoharjo, M.Pd. A. Nina Rosana, M.Si, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), prestasi belajar, pokok bahasan himpunan,
Dalam pembelajaran ada satu hal yang menjadi tuntutan dalam proses belajar mengajar matematika yaitu pengajar mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan menyelasaikan permasalahan pembelajaran dengan baik. Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, memerlukan model pembelajaran yang efektif agar dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran MMP dan variabel terikat adalah prestasi belajar matematika. Data meliputi nilai raport semester 1 dan nilai tes prestasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes. Analisis tes prestasi menggunakan uji - t pihak kanan.
Hasil analisis data uji prasyarat menggunakan uji liliofors berdistribusi normal dan menggunakan uji barlets bersifat homogen. Hasil perhitungan uji- t dengan taraf signifikan 5% menunjukan prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih efektif dari pada yang menggunakan model pembelajaran konvensional pokok bahasan himpunan pada siswa SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2009/ 2010.
Dalam usaha untuk meningkatkan prestasi belajar matematika diharapkan para pendidik dapat menerapkan model pembelajaran yang lebih efektif, salah satunya yaitu model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), agar bisa mencapai prestasi yang lebih baik tapi jangan menghilangkan model pembelajaran yang diterapkan sebelumnya.
PMTK081052 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain