Skripsi
Pengaruh Penerapan Genius Learning Strategy terhadap Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Balapulang Tahun Pelajaran 2009/2010)
HARDIYANTI, SELI. 2010. "Pengaruh Penerapan Genius Learning Strategy Terhadap Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Balapulang Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi. Pendidikan Matematika. Dra. Eleonora DW, M.Pd. A. Nina Rosana C, M. Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: genius learning strategy, hasil belajar matematika
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh penerapan Genius Learning Strategy terhadap hasil belajar matematika siswa, khususnya pada materi segitiga.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Balapulang yang terdiri atas 8 kelas dan jumlahnya 330 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Sampel sebanyak 80 siswa dipilih menggunakan teknik sampling kelompok.
Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan sejumlah uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil perhitungan normalitas dan homogenitas, diperoleh kesimpulan kedua sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan kedua sampel homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi ?? = 0,05, diperoleh sehingga maka Ho ditolak atau dengan kata lain hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan Collaborative Learning dengan penerapan Genius Learning Strategy lebih baik dari pada siswa yang diajar secara konvensional tanpa penerapan Genius Learning Strategy.
Dari hasil yang diperoleh, hendaknya para guru matematika mempertimbangkan penggunaan Genius Learning Strategy dalam pembelajaran karena terbukti bahwa Penerapan Genius Learning Strategy mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
PMTK081053 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain