Skripsi
Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Kemampuan Komunikasi Sosial Pada Siswa Kelas VII SLTP Negeri 2 Adiwerna
Indonesia :
LESTARI DWI RINA, 2010. Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Kemampuan Komunikasi Sosial Pada Siswa Kelas VII SLTP Negeri 2 Adiwerna. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Dra, Sri Sumarsih, M. Pd. Suriswo, M. Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Pribadi
Kegiatan belajar mengajar disekolah tidak hanya sebatas pemberian materi berupailmu pengetahuan tetapi juga pemberian pengalaman atau pendewasaan dir peserta didik. Dengan bimbingan, peserta didik akan terlatih untuk memecahkan masalah yang dalami dengan cara memanfaatkan potensi yang ada pada diri indvidu tu sendiri.
Tujuan untuk mengetahui bagamana, pengaruh Bimbingan Prbad Terhadap Kemampuan Komunkas Sosial Pada Siswa Kelas VII SLTP Neger Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010.
Bimbingan pribadi adalah layanan yang membantu individu untuk menemukan dan memaham serta mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mandiri aktif dan kreatif. Komunikasi social adalah cara individu untuk membangun konsep-konsep antara lain untuk mengembangkan aktualisasi diri, untuk ke;langsungan hidup , untuk memperoleh kebahagian , terhindar dari tekanan dan ketegangan.
Dalam penelitian ini subjek populasinya adalah siswa kelas VII SLTP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dengan kemampuan komunikasi sosial rendah kelas VII E = 10 siswa, kelas VII B = 10 siswa, kelas VII F = 5 siswa, kelas VII D = 5 siswa, kelas VII E = 5 siswa , kelas VII F = 5 siswa, SLTP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 40 siswa. Adalah (40 X 100) : 240 = 16, 66 %.
Hasil tingkat kemampuan komunikasi sosial pada siswa kelas VII SLTP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah yang memilki tingkat kemampuan komunikasi sosial yang tinggi 61 - 80% sebanyak 16 siswa, yang memiliki layanan bimbingan pribadi yang sangat tinggi (81 - 100) sebanyak 24 siswa.
Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ditemukannya hambatan sedikitpun dalam memberikan layanan bimbingan pribadi yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi sosial pada siswa kelas VII SLTP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah memanfaatkan layanan bimbingan pribadi terhadap kemampuan komunikasi sosial seoptimal mungkin, agar siswa dalam berinteraksi lebih mudah, dan diharapkan ruang konseling ditempatkan ditempat yang nyaman sehingga jika siswa mempunyai masalah pribadi, siswa akan mudah dan nyaman dalam berkomunikasi atau menyampaikan masalahnya terhadap guru BK.
Inggris :
LESTARI DWI RINA, 2010. Effect of Private Tutoring on the Social Communication Capability At Junior High School Students of Class VII 2 Adiwerna. Thesis. Guidance and Counselling. Dra, Sri Sumarsih, M. Pd. Suriswo, M. Pd. Faculty of Education and Pedagogy University Pancasakti Tegal.
Keywords: Private Tutoring Service
Teaching and learning activities in schools is not only limited to providing material of science knowledge but also giving experience or maturation dir learners. With guidance, learners will be trained to solve problems in a way understood better utilize the existing potential individual tu own self.
Aim to find out how, the influence of the Capacity Guidance Social communist At dependencies Junior Grade VII Adiwerna Academic Year 2009/2010.
Personal counseling is a service that helps individuals to discover and develop personal understand and faithful and devoted to God Almighty, active and creative self. Social communication is the way individuals to build concepts, among others, to develop self-actualization, to go to; survival, to gain happiness, escape from the pressures and tensions.
In this study population was the subject of Junior High School seventh grader two Adiwerna Academic Year 2009/2010 with a total 240 students. The sample in this study were students with low social communication skills class VII E = 10 students, class VII B = 10 students, class VII student F = 5, D = 5 class VII student, class VII student E = 5, class VII F = 5 students, Junior High School 2 Adiwerna Academic Year 2009/2010 with the number of 40 students. Is (40 X 100): 240 = 16, 66%.
The result of the level of social communication skills in Junior High School seventh grader two Adiwerna Academic Year 2009/2010 is that has a level of high social communication skills 61-80% as many as 16 students, which has a private counseling service which is very high (81-100) as much as 24 students.
Based on the results of this study concluded that the discovery was not the slightest obstacle in providing personal counseling services related to social communication skills at Junior High School seventh grader two Adiwerna Academic Year 2009/2010.
Suggestions that can be recommended is the use of personal assistance services to the social communication skills as optimal as possible, to allow students to interact more easily, and counseling rooms are expected to be placed a comfortable place so that if students have personal problems, students will be easy and comfortable in communicating or delivering the problem of teacher BK
BK081056 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain