Skripsi
Efektivitas Metode Permainan dengan Mengunakan Kartu Domino Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Siswa Pada Materi Pokok Trigonometri (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester II SMAN 1 Jatibarang Tahun Pelajaran 2009/2010)
Ferowati Senti, 2010 "Efektivitas Metode Permainan dengan Menggunakan Kartu Domino Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Siswa Pada Materi Pokok Trigonometri (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester II SMAN 1 Jatibarang Tahun Pelajaran 2009/2010)".
Kata kunci : Metode Permainan Kartu Domino, Prestasi Belajar , Sikap Siswa, Materi Pokok Trigonometri, Manova
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengaruh metode permainan kartu domino terhadap prestasi belajar dan sikap siswa pada materi pokok trigonometri.(2) Mengetahui keefektifitasan penggunaan metode permainan kartu domino jika dibandingkan dengan metode ekspositori dalam mempengaruhi prestasi belajar dan sikap siswa pada materi pokok trigonometri.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester II SMAN 1 Jatibarang tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 195 siswa terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling,dan terpilih kelas X.4 sebagai kelas eksperimen, kelas X.5 sebagai kelas kontrol dan kelas X.1 sebagai kelas ujicoba instrumen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, tes dan angket. Tes dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 alternatif jawaban. Angket berskala Likert. Instrument telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji MANOVA dan T2 Hotteling.
Dari hasil analisis uji MANOVA diperoleh sebesar 0,883 sedangkan harga dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,927 sehingga ada pengaruh metode permainan kartu domino terhadap prestasi dan sikap siswa. Uji T2 Hotteling menghasilkan T2hitung sebesar 10,307, sedangkan harga T2tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 6,267 sehingga disimpulkan bahwa metode permainan kartu domino lebih efektif dari pada metode ekspositori, dikarenakan pembelajaran dengan metode permainan kartu domino, siswa dirasa lebih aktif.
Sebagai saran, hendaknya seorang guru dalam menggunakan metode permainan kartu domino, pemenang tidak hanya berdasarkan kelompok, tetapi juga berdasarkan individu. Supaya siswa tidak bergantung pada teman dalam satu kelompok yang lebih pintar dalam mengerjakan soal.
PMTK081055 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain