Skripsi
Keefektifan Strategi Think Talk Write (TTW) dengan Pemanfaatan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar dan Minat Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Dukuhturi Pokok Bahasan Segiempat Tahun Pelajaran 2009/2010)
ESTRI, KRISNAENI SIAMI. 2010. "Keefektifan Strategi Think Talk Write (TTW) dengan Pemanfaatan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar dan Minat Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Dukuhturi Pokok Bahasan Segiempat Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M.Si. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Think Talk Write, Alat Peraga, Prestasi Belajar, Minat Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui : (1) Bagaimana prestasi belajar dan minat siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Dukuhturi pada pembelajaran Think Talk Write dengan pemanfaatan alat peraga dengan prestasi belajar dan minat siswa pada pembelajaran konvensional. (2) Apakah ada perbedaan prestasi belajar dan minat siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Dukuhturi pada pembelajaran Think Talk Write dengan pemanfaatan alat peraga dengan prestasi belajar dan minat siswa pada pembelajaran konvensional. (3) Manakah yang lebih efektif antara prestasi belajar dan minat siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Dukuhturi pada pembelajaran Think Talk Write dengan pemanfaatan alat peraga dengan prestasi belajar dan minat siswa pada pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 198 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah (MANOVA ONE -WAY). Dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan Uji Lilliefors dan Uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar dan minat siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Dukuhturi pada pembelajaran Think Talk Write dengan pemanfaatan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar dan minat siswa pada pembelajaran konvensional. (2) Ada perbedaan antara prestasi belajar dan minat siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Dukuhturi pada pembelajaran Think Talk Write dengan pemanfaatan alat peraga dengan prestasi belajar dan minat siswa pada pembelajaran konvensional. (3) Pembelajaran Think Talk Write dengan pemanfaatan alat peraga lebih efektif terhadap prestasi belajar dan minat siswa dari pada pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2009/2010.
PMTK081056 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain