T2tabel atau 28,786>6,413 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pembelajaran quantum learning dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa materi pokok logika matematika pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri 3 Slawi tahun pelajaran 2009/2010, serta penggunaan pembelajaran quantum learning lebih efektif terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa dari pembelajaran konvensional materi pokok logika matematika pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri 3 Slawi tahun pelajaran 2009/2010." />
Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Quantum Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Siswa Materi Pokok Logika Matematika pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010
SONIA DEVI REZHA.2010. NPM: 1706500873. "Efektivitas Pembelajaran Quantum Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Siswa Materi Pokok Logika Matematika pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Munadi,M.Si, Dra.Noening.A,M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Quantum Learning, Prestasi Belajar, Sikap siswa.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pembelajaran quantum learning dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa (2) untuk mengetahui keefektifan penggunaan pembelajaran quantum learning jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 3 Slawi tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri atas 8 kelas sebanyak 251 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas X1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah (MANOVA ONE-WAY). Dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Lilliefors dan Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil analisis uji MANOVA diperoleh ?hitung 0,683106. Nilai Utabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,903437 sehingga ada perbedaan pembelajaran quantum learning dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa. Uji T2 Hotelling menghasilkan T2 hitung 28,986, nilai T2tabel dari taraf signifikansi 5% sebesar 6, 413. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa T2hitung>T2tabel atau 28,786>6,413 sehingga Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pembelajaran quantum learning dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa materi pokok logika matematika pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri 3 Slawi tahun pelajaran 2009/2010, serta penggunaan pembelajaran quantum learning lebih efektif terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa dari pembelajaran konvensional materi pokok logika matematika pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri 3 Slawi tahun pelajaran 2009/2010.
PMTK081061 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain