Skripsi
Pengaruh Keterampilan Jarimatika dan Minat Belajar Matematika Terhadap Penguasaan Operasi Perkalian pada Siswa Kelas II SD Negeri Pagerkasih 01 dan 02 Tahun Pelajaran 2009/2010
YUNALIA, 2010. Pengaruh Keterampilan Jarimatika dan Minat Belajar Matematika Terhadap Penguasaan Operasi perkalian pada kelas II SD Negeri Pagerkasih 01 dan 02. Skripsi Pendidikan Matematika. Drs. Ponoharjo, M.Pd. M. Shaefur Rokhman, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keterampilan Jarimatika, Minat Belajar, Operasi Perkalian
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara keterampilan jarimatika terhadap penguasaan operasi perkalian; 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara minat belajar matematika terhadap penguasaan operasi perkalian.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II semester II SD Negeri Pagerkasih 01 dan 02 Bumijawa. Populasi terdiri dari 4 kelas yang seluruhnya berjumlah 122 siswa. Dengan metode random ( acak ) terpilih kelas II A dengan jumlah siswa 40 dari SD Negeri Pagerkasih 01 sebagai kelompok uji coba instrument penelitian, dan kelas II C dengan jumlah siswa 24 dari SD Negeri Pagerkasih 02 sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, angket dan metode tes. Sebelum dilaksanakan eksperimen butir soal diujicobakan pada kelompok uji coba instrumen untuk mendapatkan butir soal yang valid. Kemudian eksperimen dilakukan dan data yang diperoleh selanjutnya dianalisis yaitu dengan uji hipotesis menggunakan analisis Regresi Linear sederhana.
Hasil penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan jarimatika terhadap penguasaan operasi perkalian. Hal ini terbukti bahwa pada uji hipotesis dengan uji analisis regresi linear sederhana didapat persamaan garis regresi linear y = -13,6 + 1,10X1, uji parameter b signifikan, koefisien determinasi 63% dan taraf signifikan 0,05 perhitungan uji F diperoleh 38,15 sehingga cukup berarti bagi model ; 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar matematika terhadap penguasaan operasi perkalian. Hal ini terbukti bahwa pada uji hipotesis dengan uji analisis regresi linear sederhana didapat persamaan garis regresi linear y = 21,5 - 0,31X2, uji parameter b tidak signifikan, koefisien determinasi 9% dan taraf signifikan 0,05 perhitungan uji F diperoleh 2,41 sehingga tidak cukup berarti.
PMTK081063 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain