Skripsi
Pengaruh Sikap Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Team Game Turnament (TGT) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Tegal Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Tahun Pelajaran 2009/20
Mulyanti, Heni. 2010. "Pengaruh Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Team Game Turnament (TGT) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 12 Tegal Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si .Drs. Paridjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Sikap, Team game turnament(TGT), Motivasi, Prestasi belajar.
Kesulitan belajar yang dialami siswa dikarenakan siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru dan motivasi belajar yang rendah. Usaha yang dilakukan guru salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Game Turnament (TGT). Pembelajaran kooperatif TGT mempunyai kelebihan dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang baik dan menjadikan siswa aktif dalam belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap siswa dalam pembelajaran team game turnament terhadap hasil prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP N 12 Tegal tahun Ajaran 2009/2010, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP N 12 Tegal Tahun Ajaran 2009/2010, untuk mengetahui pengaruh sikap siswa dalam pembelajaran team game turnament dan motivasi belajar terhadap hasil prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP N 12 Tegal tahun Ajaran 2009/2010.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 12 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah populasi 229 siswa. Dari 229 siswa tersebut diambil sampel secara cluster random sampling sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Analisis data dilakukan setelah data normal dan homogen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang cukup signifikan antara sikap siswa dalam pembelajaran team game turnament terhadap hasil prestasi belajar matematika, ada pengaruh yang baik antara motivasi belajar siswa terhadap hasil prestasi belajar matematika, dan ada pengaruh yang baik antara sikap siswa dalam pembelajaran team game turnament dan motivasi belajar terhadap hasil prestasi belajar matematika.
PMTK081064 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain