Skripsi
Studi Komparatif Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Alat Peraga dan Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap
DWI HARYANTO, 2010. Studi Komparatif Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Alat Peraga dan Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Penelitian Pada Siswa Keas VIII Semester Genap Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Negeri 01 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Pendidikan Matematika. Pembimbing I : Dra. Eleonora D.W, M.Pd. Pembimbing II : Hj. Isnani, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT.
Permasalahan utama yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu : apakah ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media alat peraga dan siswa yang menggunakan mode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media alat peraga ? jika ada perbedaan model pembelajaran mana yang lebih baik? mengacu pada permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembeajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media alat peraga dan siswa yang mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media alat peraga.
Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 01 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2009/2010 sejumlah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa yang diberi model pembeajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media alat peraga dan 40 siswa diberi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media alat peraga. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentasi dan tes. Hipotesis diuji menggunakan rumus t-test.
Simpulan yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian pada pembelajaran Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Ketanggungan, yaitu hasil perhitungan hipotesis ke-1 menggunakan t-test diperoleh nilai t = 3,13 dan t = 1,99 yang dapat diartikan bahwa t > t yaitu ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar Matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media alat peraga dan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media alat peraga. Hasil perhitungan hipotesis ke-2 menggunakan t-test diperoleh nilai t = 3,13 dan t = 1,67 yang dapat diartikan bahwa t > t yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media alat peraga lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media alat peraga.
Guru Matematika hendaknya dalam menyampaikan materi pelajaran tidak hanya dengan menggunakan model pembelajaran manual saja akan tetapi dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media alat peraga untuk meningkatkan prestasi belajar matematika.
PMTK081067 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain