Skripsi
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA GUCI KABUPATEN TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pengunjung di objek wisata Guci Kabupaten Tegal.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Diduga terdapat hubungan yang signifikan kualitas pelayanan dengan kepuasan pengunjung di objek wisata Guci Kabupaten Tegal.
Penelitian dilakukan di objek wisata Guci Kabupaten Tegal dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi penelitian ini adalah semua pengunjung objek wisata Guci Kabupaten Tegal yang tidak diketahui jumlahnya secara pasti, sedangkan sampel diambil sebanyak 100 orang. Metode analisis data menggunakan Analisis Korelasi Spearman Rank dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z.
Dari hasil analisis data didapat nilai rs = 0,719, maka dapat diinterpretasikan kualitas pelayanan memiliki hubungan dengan predikat hubungan sangat kuat dengan kepuasan pengunjung objek wisata Guci Kabupaten Tegal. Nilai koefisien determinasi adalah 51,78% yang berarti besarnya sumbangan variabel kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan kepuasan pengunjung objek wisata Guci Kabupaten Tegal adalah 51,78% dan sisanya (48,22%) berasal dari variabel yang tidak teridentifikasi. Nilai Z = 7,16 > Z(0,025) 1,960, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan kualitas pelayanan dengan kepuasan pengunjung objek wisata Guci Kabupaten Tegal.
MP081047 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain