Skripsi
Studi Terhadap Pilihan Karir Antara Siswa Putra dan Siswa Putri di SMA Negeri 1 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 (Studi Deskriptif Analitik pada Siswa Kelas XI)
Indonesia :
WARNUDI. NPM 1106500234. 2010. Studi Terhadap Pilihan Karir Antara Siswa Putra dan Siswa Putri di SMA Negeri 1 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 (Studi Deskriptif Analitik pada Siswa Kelas XI). Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Pembimbing: Drs. Dino Rozano, M.Pd. Suriswo, S.Pd. M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Studi pilihan karir, siswa putra dan siswa putri
Pemikiran yang mendasari pada penelitian ini adalah bahwa tidak semua jenis dan macam pekerjaan yang dimiliki seseorang tidak semuanya dapat memuaskan dan membahagiakan seperti apa yang menjadi tujuan hidupnya. Adakalanya orang berfikir untuk alih profesi. Dalam situasi dan kondisi yang demikian, peranan bimbingan karir menjadi sangat penting. Bimbingan karir sangat penting dan bermanfaat sebagai bekal siswa yang memiliki perbedaan studi pilihan karir masa depannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan studi pilihan karir antara siswa putra dan siswa putri di SMA Negeri 1 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2009/2010.
Landasan teori yang digunakan adalah; pendidikan, bimbingan dan konseling, bimbingan karir, dan studi pilihan karir serta hipotesis yang diajukan penelitian ini adalah : siswa putra dalam studi pilihan karir cenderung pada pekerjaan yang lebih banyak membutuhkan tenaga (realistik) sedangkan siswa putri dalam studi pilihan karir cenderung pada pekerjaan yang tidak atau sedikit membutuhkan tenaga (non realistik).
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 183 siswa, dan setelah dilakukan sampling random diperoleh 40 siswa yang terbagi 2 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 20 siswa putra dan 20 siswa putri.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner yang dilakukan pada sampel peneliti. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus t-test. Berdasarkan dari analisis thitung 2,110 dimana ttabel dengan derajat kebebasan 20 pada taraf signifikansi 5% harga ttabel 2,086. perbandingan tersebut membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,110 > 2,086). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Simpulan penelitian bahwa siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, siswa putra dalam studi pilihan karir cenderung pada pekerjaan yang lebih banyak membutuhkan tenaga (realistik) dan siswa putri dalam studi pilihan karir cenderung pada pekerjaan yang tidak atau sedikit membutuhkan tenaga (non realistik). Peneliti ingin memberikan saran sebagai berikut; untuk sekolah dapat memberikan sumbangan pemikiran dan menjadi pertimbangan dalam menetapkan kebijakan program pendidikan khususnya layanan bimbingan karir; untuk guru atau konselor layanan bimbingan karir harus sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan siswa; untuk siswa harus lebih aktif konsultasi ke guru bimbingan dan konseling tentang studi pilihan karir; untuk orangtua siswa dalam mengarahkan karir harus lebih demokratis sehingga akan memberikan kepuasan siswa dalam memutuskan karir.
Inggris :
WARNUDI. NPM 1106500234. 2010. Study Towards Choice of Career Between Male and Female Students In State Senior High School 1 Wanasari Subdistrict Brebes Regency School Year 2009/2010 (Study of Analytical Descriptive to Eleventh Grade Students). Thescs. Guidence and Counceling. Adviser : Dr. Dino Rozano, M.Pd. Suriswo, S.Pd. M.Pd. Faculty of Teaching and Education. University of Pancasakti Tegal.
Password : Choice of Career Study, Male dan Female Students
Thingking that a basis for this research is not all kinds an varieties of activities which are owned by someone not all of them can satisfy an make happy what become like purpose in his life. Sometimes people think to change profession. In thiscondition and situation, part of career guidance become very important. Career guidance is very important an to be useful as students foot hold that own difference of choice of career study to his future.
The aim of this research is to know there is no difference of choice of career study between male and female students in state senior high school 1 Wanasari Subdistrict Brebes Regency School year 2009/2010.
Base of theory that is used and the hypothesis that is made of these research are male students in choice of career study are incline to need power (realistic), while female students in choice of career study are incline to need little power (non realistic).
Population of the research are all students at the eleventh grade state Senior High School 1 Wanasari Subdistrict Brebes Regency School year 2009/2010 that to amount 183 students, and have been done random smpling 40 students divided 2 groups, an group consist of 20 male and female students.
The research data is gotten from questioner result done to researcher sample the analysis of data from the research result are tested by using t-test formula. Base of the analysis tarithmetic 2,110 where ttable with freedom degree of 20 to be standart of significance 5% value ttable 2,086. the comparison prove that tarithmetic is begger from ttable (2,110>2,086). It indicates that the hypotesis of this research is accepted.
Summary of the research that students of state Senioar Higt School 1 Wanasari Subdistrict Brebes Regency, male students in choice of career study are incline to neeg power (realistic) and female students in choice of career study are inclined to neer little power (non realistic). Base of the research which is already done, researcher wants to give an idea contribretion that may be can help and effort of improvement career guidance service, that are; to school can give an idea contribution an become judgement into establish polucy of education program especeally career guidance service; to teacher on counsellor of career guidance service much accord with talent, interest, and students ability; to student mush more active to consult to teacher of guidance anc counceling about choice of career study, to student's parents in order to give direction a career must more democratic so it will give student's satisfaction to decide a career.
BK081001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain