Skripsi
Persepsi Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Penguasaan Kompetensi Konselor di SMK se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
HERDIANI, RENIE TRI 2010. Skripsi berjudul "Persepsi Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Penguasaan Kompetensi Konselor di SMK se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010", Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP UPS Tegal, Pembimbing I Dr. Hj Sitti Hartinah D.S., M.M, dan Pembimbing II Dra Sri Sumarsih, M.Pd.
Kata Kunci : Persepsi Guru BK tentang Kompetensi Konselor
Penguasaan kompetensi Konselor dalam spektrum kompetensi konselor terdapat tiga pilar kompetensi, yaitu kompetensi keilmuan, kompetensi keahlian/ keterampilan, dan kompetesi perilaku profesi. Ketiga pilar kompetesi ini harus dikuasai oleh konselor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Penguasaan Kompetensi Konselor di SMK se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010."Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Penguasaan Kompetensi Konselor di SMK se-Kota Tegal.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh para guru BK SMK se Kota Tegal yang berjumlah 30 orang (populasi studi). Variabel penelitian adalah Persepsi Guru BK tentang Kompetensi Konselor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Dari hasil analisis data, dalam kategori "sedang" dibuktikan dari hasil jawaban responden tentang penguasaan kompetensi pedagogis dan wawasan kependidikan, sebagian besar menguasai dan memiliki kompetensi yaitu sejumlah 1 orang (1,21%) tidak menguasai, 8 orang (29,39%) kurang begitu menguasai, 17 orang (53,94%) cukup menguasai, terdapat 2 orang (6,97%( menguasai, dan sisanya terdapat 2 orang (8,48%) sangat menguasai.
Kompetensi profesional/akademik yaitu 1 orang (0,37%) tidak memiliki penguasaan, 9 orang (33,21%) kurang menguasai, 17 orang (59,75%) cukup menguasai, terdapat 1 orang (0,86%) menguasai, 2 orang atau 5,80% sangat menguasai, kompetensi personal/pribadi yaitu yang tidak menguasai tidak ada, berjumlah 3 orang atau 13,33% kurang menguasai, 23 orang atau 72,92% cukup menguasai, yang menguasai sama sekali tidak ada, dan 4 orang atau 13,75% menguasai sangat baik. Sedang kompetensi sosial yaitu yang tidak memiliki penguasaan kompetensi sosial sebagai guru BK sama sekali tidak ada, 6 orang atau 23,33% kurang menguasai, 20 orang atau 63,33% cukup menguasai, menguasai sama sekali tidak ada, dan 4 orang atau 12,50% memiliki penguasaan kompetensi sosial yang sangat baik, dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternatif ada persepsi Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Penguasaan Kompetensi Konselor di SMK se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Saran yang dapat direkomendasikan adalah guru BK memiliki kemampuan dalam menjalankan kompetensinya (kompetensi pedagogis dan wawasan kependidikan, kompetensi profesional/akademik, kompetensi personal, dan kompetensi sosial sebagai Guru Pembimbing di SMK Se-Kota Tegal terutama dalam hal berkomunikasi secara efektif dan berperilaku sesuai dengan etika profesi sebagi guru pembimbing/konselor cukup baik.
Inggris :
HERDIANI, RENIE TRI. 2010. Thesis have a title "Perception guidance teacher and counseling towards mastery competence counselor at SMK City Tegal, my guide is Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS.,M.M, and guide II Dra. Sri Sumarsih, M. Pd.
Keyword: Teacher Perception BK about competence counselor
Competence mastery counselor and competence spectrum counselor found three competence pillars that are competence sciences, competence skill / know-how, and profession behavior competence. Third this competence pillar must be dominated by counselor. Troubleshoot in this watchfulness how does guidance teacher perception and counseling towards mastery competence counselor at SMK City Tegal.
Population in this watchfulness is that is entire teachers BK SMK City Tegal that numbers 30 (study populations). Watchfulness variable teacher perception BK about competence counselor. data collecting technique that used method questioner, interview, and documentation. While data analysis method that used descriptive statistics.
From data analysis result, in category "sedang" proved from respondent answer result about pedagogical competence mastery and insight education, a large part dominate and has competence that is amount of 1 person (1,21%) doesn't dominate, 8 person (29,39%) less so dominate, 17 person (53,94%) enough dominate, found 2 person (6,97%) dominate and student found 2 person (8,48%) very dominate.
Professional/academic competence that is 1 person (0,37%) doesn't has mastery, 9 person (33,21%) less dominate 17 person (59,75%) enough dominate, found 1 person (0,86) dominate, 2 person (5,80%) very dominate, personal/individual competence that is doesn't dominate there is no, number 3 person or 13,33% less dominate, 23 person (72,92%) enough dominate, that dominate both at all there and 4 person (13,75%) dominate very good. competence social that is not has competence mastery social as teacher BK both at all there, 6 person (23,33%) less dominate, 20 person (63,33%) enough dominate, dominate both at all there and 4 person (12,50%) has competence mastery social very good, thereby hypothesis nil (ho) averse and get hypothesis alternative there guidance teacher perception and counseling towards competence mastery counselor at SMK City school year Tegal 2009/2010.
Suggestion that can be recommended teacher BK has ability in run the competence (pedagogical competence and insight education, professional/academic competence, competence personal, and competence social as guide teacher at SMK City Tegal especially in the case of communicating effectively and behavior as according to profession ethics as teacher guide/counselor good enough.
BK081004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain