Skripsi
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mapel Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat pada Siswa Kelas V SD N Dukuhwaru 01 Kec. Dukuhwaru Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Enkin Asrawjaya. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mapel Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat pada Siswa Kelas V SD N Dukuhwaru 01 Kec. Dukuhwaru Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Wahyono, M.Hum Pembimbing II Dra. Titi Kusrina, M.Pd.
Kata kunci : Organisasi, Sekolah dan Masyarakat.
Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat, agar hasil yang dicapai semaksimal mungkin. Membutuhkan sikap profesionalisme tenaga guru sekolah dasar yang memiliki kemampuan mengatasi masalah yang dihadapi melalui langkah-langkah sistematis dan ilmiah, sehingga memperoleh perubahan perilaku mengajar yang lebih efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilakukan melalui dua siklus kegiatan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflecting). Media pembelajaran yang digunakan adalah gambar struktur organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Objek penelitiannya adalah siswa kelas V SD N Dukuhwaru 01 Kec. Dukuhwaru Kab. Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Prestasi belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata 66 sebelum perbaikan menjadi 79 pada siklus I dan 91 setelah siklus II, persentase siswa yang mengalami belajar secara tuntas meningkat dari 27,59% sebelum perbaikan menjadi 51,72 % pada siklus I dan 86,21% setelah siklus II.
Saran dari peneliti adalah sebaiknya dalam pembelajaran yang dilakukan guru untuk meningkatkan penguasaan materi siswa pada mata pelajaran PKn, yaitu (1) dalam menjelaskan materi pelajaran hendaknya secara sistematis dan runtut dengan menunjukan alat peraga yang tepat. (2) Memberikan waktu yang cukup untuk mengerjakan soal-soal latihan. (3) Menyampaikan materi pelajaran dengan metode yang bervariasi agar siswa tidak merasa bosan. (4) Mencari alternatif yang lebih tepat apabila sebuah teknik pembelajaran yang digunakan kurang tepat. (5) Merencanakan pembelajaran dengan sungguh-sungguh agar menghasilkan perencanaan yang baik. (6) Memberikan pekerjaan rumah untuk menambah frekuensi latihan dan mendorong semangat siswa untuk belajar.
English :
Enkin Asrawjaya. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mapel Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat pada Siswa Kelas V SD N Dukuhwaru 01 Kec. Dukuhwaru Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Thesis. Program Pancasila and Citizenship Education Studies Faculty of Education and Pedagogy University Pancasakti Tegal. First Advisors Drs. Wahyono, M. Hum Advisors II, Dra. Titi Kusrina, M.Pd.
Keywords: Organisasi, Sekolah dan Masyarakat.
The purpose of this study is to improve students' mastery of subject matter organization in the school environment and society, so that the results achieved as much as possible. Requires professional attitude of primary school teachers who have the ability to solve problems through the steps systematically and scientifically, so as to obtain behavior change more effective teaching.
The method used in this study is the Classroom Action Research (CAR) or the Classroom Action Research is conducted through two cycles of activity. Each cycle consists of four stages of planning activities (planning), action (acting), observing (observation), and reflection (reflecting). Instructional media used was a picture in the organizational structure of school and community environment. Object of study was the students of class V SD N Dukuhwaru 01 Kec. Dukuhwaru Kab. Tegal 2009/2010 school year.
The results show that by doing classroom action research (CAR) learning achievement of students increased from an average value of 66 before the improvements to be 79 and 91 in the first cycle after cycle II, the percentage of students who have thoroughly studied increased from 27.59% before improvement to 51.72% in cycle I and 86.21% after the second cycle.
Advice from researchers is the best teacher in the learning done to improve students' mastery of the material on the subjects of PKN, namely (1) in explaining the subject matter should be systematically and coherently with an appropriate show props. (2) Provide enough time to do practice questions. (3) Presenting the subject matter varies from the methods so that students do not feel bored. (4) Looking for a more appropriate alternative if a learning technique that is used less precise. (5) Planning for learning in earnest in order to produce good planning. (6) Giving homework to increase the frequency of training and encouragement of students to learn.
PPKN081010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain