Skripsi
Pembelajaran Tuntas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B Pada Mata Pelajaran Pkn Di Mts NU Miftakhul Ulum Margasari Tahun Pelajaran 2009-2010
Ali Murtado / 1207500657 " Pembelajaran Tuntas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PKn Di Mts NU Miftakhul Ulum Margasari Tahun Pelajaran 2009-2010" Skripsi. Program Studi PPKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UPS Tegal. Pembimbing I:Drs.Subiyanto, M.Pd,II.Dra.Mursyidah DH, SH,MH.
Kata Kunci : Pembelajaran Tuntas, Prestasi Belajar.
Pelaksanaan pembelajaran tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran Siswa Kelas VIII B Mts NU Miftakhul Ulum Margasari Tahun Pelajaran 2009-2010 dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada pokok bahasan Demokrasi dengan sub pokok bahasan (a) Hakikat Demokrasi, (b) Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan (c) Pentingnya kehidupan demokratis bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara(d) Menunjukan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan.
Rumusan masalah penelitian Apakah pelaksanaan pembelajaran tuntas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran PKn di Mts NU Miftakhul Ulum Margasari Tahun Pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran tuntas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran PKn di Mts NU Miftakhul Ulum Margasari Tahun Pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dengan dua Siklus yang masing-masing siklus terdiri (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Hasil penelitian pada siklus 1 berdasarkan hasil tes, ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 81,25% dengan nilai rata-rata 68.59. Pada Siklus 2 ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 96,88% dengan nilai rata-rata 76,25. Sedangkan hasil penilaian afektif dan psikomotorik pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal sebesar 65,9%. Dan Siklus 2 meningkat menjadi 87,8%
Aktivitas Siswa dalam pembelajaran tuntas (mastery Learning) pada siklus 1 skore yang diperoleh adalah sebesar 18 dengan katagori baik. Dalam kegiatan menyampaikan hasil belajar, serta menyimpulkan hasil pembelajaran termasuk dalam kategori cukup, sedangkan aktivitas menjawab pertanyaan dalam kategori kurang. Kekurangan yang ada pada siklus 1 diperbaiki dalam siklus 2. Perolehan skore aktivitas siswa pada siklus 2 meningkat menjadi 25 dengan katagori amat baik. Langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada pokok bahasan Demokrasi melalui pelaksanaan pembelajaran tuntas adalah langkah sistematis meliputi (a) tes prasyarat dan tindak lanjut setelah tes prasarat, (b) pengayaan setelah tes prasyarat, (c) pentutoran setelah tes prasyarat, (d) program perbaikan setelah tes prasyarat, (e) tes formatif dan tindak lanjut setelah tes formatif (f) pengayaan setelah tes formatif , (g) pentutoran setelah tes formatif, (h) program perbaikan setelah tes formatif.
Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tuntas pada mata pelajaran Pkn pokok bahasan Demokrasi, antara lain (a) cakupan materi sangat luas sehingga butuh waktu belajar tatap muka yang relatif banyak (b) keterbatasn bahan ajar (kurang tersedianya buku penunjang lain yang mendukung buku paket sekolah.)
PPKN081012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain