Skripsi
Peranan Bimbingan Dalam Memantapkan Bakat dan Minat Pada Kegiatan Ektrakurikuler Olahraga Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
LUTHFATUL AMALIA. 2010. NPM : 1106500262. Peranan Bimbingan dalam Memantapkan Bakat dan Minat Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Olahraga Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Dr. Maufur, M.Pd. Drs. Sugiyanto HN, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Bimbingan, Pemantapan Bakat dan Minat
Bimbingan adalah Proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang ahli kepada seorang atau beberapa orang individu, baik anak - anak, remaja, maupun dewasa agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma - norma yang berlaku.
Pemantapan bakat dan minat dalam penelitian ini dapat diartikan sebagai suatu kondisi penyaluran bakat peserta didik secara sehat dan tepat sesuai harapannya.
Salah satu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa peran bimbingan dalam memantapkan bakat dan minat pada kegiatan ekstrakulikuler olahraga peserta didik.
Berdasarkan landasan teori, hipotesis pada penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Terdapat peranan yang positif dan signifikan bimbingan dalam memantapkan bakat dan minat terhadap kegiatan ekstrakulikuler olahraga siswa kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan studi kasus mengenai peranan bimbingan dalam memantapkan bakat dan minat pada kegiatan ekstrakurikuler olahraga siswa kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010. Untuk menganalisa data tersebut penulis menggunakan Analisa Deskriptif Prosentase
Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemantapan bakat dan minat yang ada di SMP Negeri 5 Adiwerna dikategorikan baik hal ini dibuktikan dengan adanya kejuaraan atau prestasi yang pernah diraih oleh peserta didik SMP Negeri 5 Adiwerna.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan yang positif dan signifikan bimbingan dalam memantapkan bakat dan minat pada kegiatan ekstrakulikuler olahraga siswa kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Inggris :
LUTHFATUL AMALIA. 2010 NPM : 1106500262. Strengthening the Role of Coaching in Talents and Interests In extracurricular activities Student Sports Junior High School Class VII 5 Adiwerna. Thesis. Guidance and Counseling. Dr. Maufur, M.Pd. Drs. Sugiyanto HN, M.Pd. Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal.
Keywords : Guidance, Consolidating Talents and Interests
Tutoring is a process of assistance made by the exsperts to one or several individuals, both children-children, adolescents, and adults so that people can be guided to develop his own abilities and self-reliant by utilizing the power of individuals and facilities that exist and can be developed based on the norms-norms and regulations.
Strengthening the talent and interest in this study can be interpreted as a condition of disbursement talents of students in a healthy and appropriate expectations.
One objective of this study was to determine how the role of guidance in establishing the talent and interest in extracurricular sports activities learners.
Based on the theoretical basis, the hypoyhesis in this study is formulated as follows : There are positive and significant role in establishing guidance of talent and interest in axtracurricular activities sports seventh grade students of SMP Negeri 5 Adiwerna Academic Year 2009/2010.
This research is a case study on the role of guidance in establishing the talent and interest in exstracurricular sports activities Seventh grade students of SMP Negeri 5 Adiwerna Academic Year 2009/2010. To analyze these data the author uses descriptive analysis percentage.
The research data was obtained from interviews, observation, and documentation. Results from this study indicate that the stabilization of the existing talents and interest in SMP Negeri 5 Adiwerna categorized as either proved it with the championdhip or achievements ever attained by the students of SMP Negeri 5 Adiwerna.
Thus we can conclude that there are positive and significant role in establishing guidance talent and interest in extracurricular sport activities seventh grade students of SMP Negeri 5 Adiwerna Tegal regency school year 2009/2010.
BK081008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain