Skripsi
Pembelajaran PKn Menggunakan Metode Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Movitasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI/IPA SMA Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
RIYANTO MATEUS, 2010, NPM:1208500753. Pembelajaran PKn Menggunakan Metode Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI/IPA SMA Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode, Permainan Ular Tangga, Prestasi Belajar.
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraaan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukkan warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pembelajaran PKn dengan menggunakan metode permainan ular tangga yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI/IPA SMA Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Pius Tegal Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang berjumlah 40 siswa sekaligus sebagai sampel.
Berdasarkan penelitian dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Metode Peramainan Ular Tangga dapat diperoleh sebagai berikut: Pemahaman siswa terhadap pokok bahasan timbulnya sengketan internasional menggunakan metode Permainan Ular Tangga Siklus I skor yang diperoleh adalah sebesar 17 dengan kategori baik. Dalam kegiatan menyampaikan hasil belajar, serta menyimpulkan hasil pembelajaran termasuk dalam kategori cukup, sedangkan aktivitas menjawab pertanyaan dalam kategori kurang. Kekurangan yang ada pada siklus I diperbaiki dalam siklus II. Perolehan skor aktivitas pada siklus II meningkat menjadi 19 dengan kategori amat baik.
Upaya peningkatan pemahaman tentang materi pembahasan Timbulnya Penyebab Sengketa Internasional dalam mata pelajaran PKn melalui metode permainan ular tangga siswa kelas XI/IPA SMA Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dapat dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas. Pada siklus I berdasarkan hasil tes, ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 77,78 % dengan nilai rata-rata 67,64. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 97,22% dengan nilai rata-rata 76,67. Sedangkan hasil penilaian afektif dan psikomotorik pada siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 65,9 % dan siklus II meningkat menjadi 87,8 %.
Berdasarkan analisis di atas, maka disarankan kepada guru agar dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang menggunakan metode permainan ular tangga siswa diarahkan untuk belajar secara aktif baik individual maupun kelompok dan merupakan cara efektif melatih keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat secara korektif.
English :
RIYANTO MATEUS, 2010, NPM: 1208500753. PKn Learning Ladder Snake Game
Method To Increase Student Learning and Achievement Motivation Class XI / IPA SMA PIUS Tegal Academic Year 2009/2010. Thesis. Pancasila and citizenship education. Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal.
Keywords: Methods, Snake Ladder Game, Learning Achievement.
Subjects of citizenship education is a subject that focuses on the formation of citizens who understand and can implement their rights and obligations to become an Indonesian citizen a smart, skilled, and character.
The purpose of this research is to know the learning PKN using snakes ladders game that can improve learning motivation and learning achievement of students of class XI / IPA SMA PIUS Tegal Academic Year 2009/2010.
This study took place within the SMA PIUS Tegal population in this study were all students of class XI who numbered 40 students as well as a sample.
Based on research using action research Classes using Snake Ladder Game Method can be obtained as follows: The understanding of the students on the subject of the emergence of international sengketan Ladder Snake Game using Cycle I score obtained is equal to 17 with either category. In the results of learning activities and learning outcomes concluded in sufficient category, while answering questions in the category of activity is less. Deficiencies exist in the first cycle is fixed in the second cycle. Obtaining a score on the second cycle activity increased to 19 with very good categories.
Efforts to increase understanding of the matter discussed in the International Dispute Incidence Causes PKN subjects through methods snakes ladders game graders XI / IPA SMA PIUS Tegal Academic Year 2009/2010 can be implemented through action research class. In the first cycle based on test results, student mastery learning classical at 77.78% with an average rating of 67.64. In the second cycle student mastery learning classical at 97.22% with an average rating of 76.67. While the affective and psychomotor assessment results in the first cycle of mastery learning classical cycle II 65.9% and increased to 87.8%.
Based on the above analysis, it is recommended to teachers in learning to Pancasila and Civic Education is a snake game using the steps directed students to learn actively, both individual and groups and is an effective way to train students in the courage of expression in a corrective.
PPKN081014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain