Skripsi
Efektivitas Konseling Individu Terhadap Peserta Didik Dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009 / 2010
Indonesia :
NURTASLIKHATUL AMALIAH, 2010. NPM : 1106500232. Judul skripsi "Efektifitas Konseling Individu Terhadap Peserta Didik Untuk Mematuhi Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010", Bimbingan dan Konseling. Dr. Maufur. Drs. Sugiyanto HN. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Konseling individu, Tata Tertib Sekolah.
Latar belakang penelitian ini yaitu seringnya peserta didik yang tidak mematuhi tata tertib sekolah dan salah satunya adalah sering datang terlambat. Agar ketidak patuhan tersebut tidak berdampak buruk terhadap prestasi belajar mereka perlu penanganan sedini mungkin melalui konseling individu.
Konseling individu yaitu bantuan yang diberikan kepada peserta didik dengan tujuan agar potensi peserta didik bisa berkembang, serta dapat mengatasi masalahnya sendiri dan menyesuaikan diri secara positif. Tata tertib sekolah adalah aturan yang mencakup tentang hak siswa, kewajiban peserta didik, hal - hal yang tidak dibenarkan dilakukan peserta didik dan sanksi - sanksi bagi peserta didik yang melanggar disekolah.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010 yang sering melanggar tata tertib sekolah terutama sering datang terlambat berjumlah 8 peserta didik. Teknik pengambilan peserta didik yang dijadikan kasus berdasarkan data pelanggaran peserta didik yang paling sering datang terlambat. Teknik pengumpulan data pokok yang digunakan adalah metode kasus, sedangkan sebagai metode bantu pengumpuan data adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perubahan pada peserta didik setelah layanan konseling individu di berikan. Sebelum layanan konseling individu peserta didik sering datang terlambat dan ijin tanpa keterangan tetapi setelah di berikan layanan konseling individu peserta didik tersebut tidak lagi datang terlambat kesekolah dan nilai hasil belajar merekapun jadi lebih baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling individu terhadap ketaatan peserta didik untuk mematuhi tata tertib sekolah efektif digunakan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna.
Saran yang direkomendasi dalam hal ini adalah dalam pelaksanaan konseling individu hendaknya mendapat dukungan dari seluruh pihak sekolah, Peraturan tata tertib sekolah harus selalu dievaluasi agar tata tertib dan kondisi belajar mengajar lebih kondusif. Serta bagi guru BK agar lebih mendampingi dan terus memberikan layanan konseling individu kepada 8 peserta didik tersebut. Supaya peserta didik tersebut lebih mematuhi tata tertib sekolah.
Inggris :
NURTASLIKHATUL AMALIAH, 2010. NPM: 1106500232. Title of thesis "On The Effectiveness of Individual Counseling Learners to Comply with the Rules of Procedure School At Junior High School Students of Class VII 5 Adiwerna Academic Year 2009/2010", Guidance and Counseling. Dr. Maufur. Drs. Sugiyanto HN. Faculty of Education. University Pancasakti Tegal.
Keywords : individual counseling, School Discipline.
The background of this research is that learners often do not follow the rules of the school and one of them is often late. In order for disobedience were not adversely affected the academic achievement they need treatment as early as possible through individual counseling.
Individual counseling is assistance given to students in order to develop students' potentials, and can solve their own problems and adapt positively. School rules are rules covering about student rights, obligations of students, things - things that are not justified done learners and sanctions - sanctions for students who violate school.
The population of this study is the seventh grade students of SMP Negeri 5 Adiwerna Academic Year 2009/2010 which often violates school rules, especially often late totaling 8 students. Learners making techniques that made the case based on the data breach that students most often come too late. Major data collection techniques used were the case method, while the method is data pengumpuan help documentation, interviews, and observation. Analysis of data is a case study.
The results of this study indicate that there is a change in students after individual counseling services provided. Before the individual counseling services learners often arrived late and without explanation, but after the permission given individual counseling services are no longer students arrive late to school and learn the value of the results they get better. Thus we can conclude that individual counseling to students' obedience to follow the rules of effective schools used in the seventh grade students of SMP Negeri 5 Adiwerna.
Suggestions recommended in this case is in the implementation of individual counseling should get support from all over the school, the school disciplinary rules should always be evaluated so that rules and conditions more conducive teaching and learning. As well as for BK teachers to better assist and continue to provide individual counseling services to 8 students them. So that learners are better follow the rules of the school.
BK081009 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain