Skripsi
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
BUDIYANTO TRI SETYO 2010. NPM : 1106500311, Judul Skripsi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Kemampuan Berkomunikasi
Bimbingan Kelompok sangat berpengaruh dalam kemampuan berkomunikasi anak. Sehingga faktor bimbingan kelompok harus bisa dilaksanakan disekolah dengan efektif agar kemampuan berkomunikasi dalam diri anak dapat terbentuk dengan baik. Masalah yang muncul adalah apakah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan.
Penelitian ini populasinya adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan, yang berjumlah 391 siswa, kemudian penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data untuk kedua variabel adalah bimbingan kelompok (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan kemampuan berkomunikasi (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,560 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 40 diperoleh harga r tabel sebesar 0,312, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada pengaruh secara signifikan pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap kemampuan berkomunikasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun Pelajaran 2009/2010.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh secara signifikan antara bimbingan kelompok terhadap kemampuan berkomunikasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun Pelajaran 2009/2010. Saran bagi siswa adalah siswa diharapakan mampu untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi terhadap layanan bimbingan konseling yang diberikan guru pembimbing. Kemudian bagi guru pembimbing diharapkan dapat meningkatkan layanan bimbingan kelompok secara efektif sehingga dapat membentuk kemampuan berkomunikasi pada diri anak, dan dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Inggris :
TRI BUDIYANTO SETYO 2010. NPM: 1106500311, Thesis Title Implementation of the Capacity Group Tutoring Services Communicating In Class XI students of SMKNegeri1SlawiAcademicYear 2009/2010.
Keywords:GroupandGuidanceCommunicationAbility
Group counseling is very influential in the ability to communicate the child. So the factor group guidance must be implemented in schools with the ability to communicate effectively in the child can be well formed. The problem that arises is whether the implementation of group counseling services may impact the ability to communicate to the students. The purpose of this study is to determine whether the implementation of group counseling services may affect the ability to communicate in class XI students of Vocational High School.
This study population was eleventh grade students of vocational high school, numbering 391 students, then the writer takes a sample of 10% of the total population is obtained as many as 40 students. Collecting data for both variables are coaching groups (independent variable) as a variable causes, and communication skills (dependent variable) as a result variable. Both of these variables using data collected through questionnaires, documentation, and interviews. Validation Test Items in this research using product moment correlation formula, whereas the reliability study using the technique of splitting two Split-Half. Data were analyzed using product moment correlation.
From the results of data analysis rxy r 0.560 when compared with the table at 5% significance level with N = 40 obtained rates of 0.312 r table, it can be concluded rxy> rtabel means that influence significantly the implementation of the guidance of the group on communication skills in students of class XI SMK Negeri 1 Lesson Slawiyear2009/2010.
Conclusion The results of this study is that there are significant effect between group guidance on the ability to communicate in class XI student of SMK Negeri 1 Lesson Slawi year 2009/2010. Advice for students is expected that students be able to improve the communication skills of counseling services provided by the supervising teacher. Then for the supervising teacher is expected to increase the effective group counseling services that could form the ability to communicate at the child, and can be used as reference in providing guidance and counseling services in schools.
BK081011 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain