0,312). Karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel, maka hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan "Ada pengaruh yang positif dan signifikan layanan informasi terhadap perkembangan pribadi siswa kelas XI SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010, terbukti secara empiris kebenarannya. Kepada guru, sangat diharapkan senantiasa mengikuti perkembangan baik dalam perkembangan teknologi informasi, perubahan-perubahan sosial dan sebagainya sehingga mampu mengidentifikasi kesulitan ataupun hambatan-hambatan yang timbul dalam proses penyesuaian diri siswa-siswinya." />
Skripsi
Pengaruh Layanan Informasi terhadap Perkembangan Pribadi Siswa Kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
DWI AYU RISTIYANI. NPM. 1106500293. "Pengaruh Layanan Informasi terhadap Perkembangan Pribadi Siswa Kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. 2010. Program Strata 1. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Layanan informasi, dan perkembangan pribadi.
Layanan informasi bimbingan dan konseling merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi agar dapat mengambil keputusan secara tepat tentang sesuatu dalam bidang pribadi, sosial, belajar, maupun karier berdasarkan informasi yang diperoleh. Perkembangan pribadi berupa sikap belajar di sekolah mulai dari seragam, masuk kelas, kebersihan kelas dan sebagainya. Rumusan masalah penelitian ini "Apakah ada pengaruh layanan informasi terhadap perkembangan pribadi siswa kelas XI SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010?. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi terhadap perkembangan pribadi siswa kelas XI SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah populasi 204, terdiri dari kelas XI Akuntansi 1, XI Akuntansi 2, XI Administrasi Perkantoran 1, XI Administrasi Perkantoran 2, dan XI Pemasaran. Sedangkan sampel berjumlah 40 siswa diambil 20% dari populasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Angket langsung yang mengungkap tentang layanan informasi dan perkembangan pribadi siswa.
Layanan informasi di SMK PGRI Kota Tegal ternyata berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan pribadi siswa. Hal ini terbukti secara kuantitatif bahwa penggunaan rumus korelasi product moment menghasilkan rhitung (korelasi rxy) sebesar 0,634. Nilai ini ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 40 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,312 sehingga dengan demikian rhitung < rtabel (0,634 > 0,312). Karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel, maka hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan "Ada pengaruh yang positif dan signifikan layanan informasi terhadap perkembangan pribadi siswa kelas XI SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010, terbukti secara empiris kebenarannya.
Kepada guru, sangat diharapkan senantiasa mengikuti perkembangan baik dalam perkembangan teknologi informasi, perubahan-perubahan sosial dan sebagainya sehingga mampu mengidentifikasi kesulitan ataupun hambatan-hambatan yang timbul dalam proses penyesuaian diri siswa-siswinya.
BK081012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain