tabel ) yaitu 0.728 > 0.329, taraf signifikan 5% yang berarti terdapat Peranan Guru Bimbingan dan Konseling (X) dalam Pembentukan Kemandirian Dikaitkan dengan Belajar(Y) Pada Siswa Kelas VII SMP N 06 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa menolak Hipotesis Nol (Ho) yang mengemukakan "Tidak ada Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Kemandirian Dikaitkan dengan Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP N 06 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010" dan menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan "Ada Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Kemandirian Dikaitkan dengan Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP N 06 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010". Saran yang dapat direkomendasikan adalah meningkatkan peranan guru BK dalam membentuk karakter kemandirian siswa dalam kaitannya dengan kegiatan belajar siswa." />